WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

» » Waspadai Kerawanan Pilkada Cianjur 2020

Pasundanradio.com - Bawaslu RI telah mengeluarkan indeks kerawanan pilkada 2020. Salah satunyanya kontek sosial politik antara lain penyelenggaran negara relasi kuasa dan juga hubungan birokrasi dimana aparatur sipil negara (ASN) dan Kepala Desa dijadikan sebagai salah satu mesin politik pemenangan oleh Paslon tertentu. 

Ini disampaikan oleh Yusuf Kurnia, selaku anggota Bawaslu Jabar ketika menghadiri kegiatan Sosialisasi Produk Hukum Bawaslu Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2020, di hotel Leeminence, Senin (05/10/2020).

"Paling banyak kasus pilkada dan salah satu yang mendapat perhatian yaitu mendayagunakan aparatur sipil negara dan kepala desa untuk menjadikan mesin politik pemenangan," kata Yusuf Kurnia.

Dijelaskannya bahwa ASN juga Kepala desa harus terjaga netralitasnya dan tidak boleh membuat keputusan dan menguntungkan salah satu pasangan calon. Bila mereka terbukti tidak netral maka akan terkena sanksi.

"Pada pasal 71 dijelaskan bahwa pejabat aparatur sipil negara dan kepala desa tidak boleh membuat keputusan dan menguntungkan salah satu pasangan calon. Bila terbukti menguntungkan salah satu paslon mereka harus siap dengan sanksi sesuai undang-undang," jelasnya.

Ditambahkannya Cianjur adalah salah satu kota yang mendapat perhatian lebih atas potensi kerawanan pilkada 2020 dimana aparatur sipil negara dan kepala desa dijadikan sebagai mesin politik pemenangan.

Terkait dengan protokol kesehatan dimasa pandemi, dia mengungkapkan bahwa sesuai PKPU 13 / 2020,  posisisi Bawaslu  akan memberikan teguran kepada setiap paslon. Dalam kontek protokol kesehatan pihaknya akan memberikan surat peringantan.

"Sebagai langkah antisipatif kita berikan surat peringatan hal ini agar tidak berlanjut. Kalau surat peringatan tidak diindahkan maka kita akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan minta dibubarkan. Dan merekomendasikan ke polisian akan diterapkan pasal-pasal pidana," ungkapnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post