WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

» » Pilkada Jawa Barat Miliki Potensi Kerawanan Yang Sama

Pasundanradio.com - Dalam rangka optimalisasi pengawasan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur melaksanakan evaluasi kerja. Hal ini dipandang perlu sebagai upaya pengawasan dan harus dipastikan pemilu itu berlangsung demokratis. 

Demikian yang dikatakan anggota Bawaslu Jawa Barat Zaki Hilmi ketika ditemui wartawan usai mengisi kegiatan Refleksi dan Evaluasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Mahasiswa, di kawasan Cipanas Cianjur, Minggu (22/12/2019).

Menurutnya keikut sertaan berbagai elemen baik mahasiswa ataupun masyarakat dalam mengawal proses demokrasi dianggap penting. Hal ini untuk menjamin proses pemilu berjalan baik.

"Karena jangkauan masyarakat sangat luas dimana mereka berada di tengah-tengah masyarakat secara langsung," jelasnya.

Ketika ditanya seberapa efektif pengawasan yang dilakukan, pihaknya menjelasan sangat efektif. Meski demikian pihaknya juga tidak memungkiri kalau saat ini masyarakat bersikap apatis namun pihaknya mencoba memberikan pemahaman.

"Politik selama ini hanya di anggap sebagai perebutan kekuasaan. Baiknya masyarakat harus diberikan pemahaman justru dengan penyelenggaraan pemilu ini kita memiliki harapan besar memilih pemimpin yang jauh berkualitas. Jadi sosialisasi tentang pemahaman pemilu harus kita sampaikan," ungkapnya.

Tekait titik kerawanan, kota mana saja di Jawa Barat yang harus mendapat perhatian lebih dia menjawab kalau semuanya sama.

"Dalam analisis kami semua mendapat perhatian yang sama. Karena melihat dinamika 2015 lalu dan 2019 hampir sama dimana masing-masing menyisakan permasalahan tentang praktek money politik netralitas ASN, serta kampanye hitam. Dan ini sebagai bahan antisipasi kita di 2020," jawabnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post