WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » » MASAKAN NUSANTARA DAN MAKSUD DI BALIK NAMANYA


Setiap daerah Nusantara mempunyai ciri khas makannya masing-masing yang menonjol misalnya nasi kucing,kue dolar,kue ketawa,kue satu, dan kue kentut.

Nasi Kucing


Mungkin dari sebagian orang nama nasi kucing sudah cukup familiar. Dan masakan nusantara ini mudah ditemukan di sepanjang jalan Solo dan Yogyakarta. Bentuknya sama khas seperti dibungkus dengan daun pisan, diisi dengan lauk sambal bandeng atau oseng tempe. Porsinya kecil yang mirip porsi makan kucing, itulah alasan dibalik nama nasi kucing. Bagi kalian yang gemar makan street food, nasi kucing juga wajib kalian coba karena biasanya di jual dalam gerobak yang mangkal di tempat strategis atau ramai, seperti di Angkringan atau Warung Makan sederhana ala Yogyakarta. Satu kursi panjang biasanya di sediakan dsi depan grobak, Sehingga kalian bisa mengobrol santai dengan sipenjual untuk mencicipi masakan Nusantara ini, Kalian hanya perlu membayar tidak lebih dari Rp 5.000 saja.

Kue Dolar


Makanan khas Nusantara Surabaya ini tidak menyerupai uang logam atau yang berhubungan dengan mata uang asing tersebut. Namun, bentuknya yang bulat dan pipih mungkin menjadi alasa mengapa orang zaman dahulu menyebutnya Kue Dolar. Rasanya yang bermacam-macam, ada yang gurih,renyah dengan taburan wijen,dan ada juga yang beraroma jahe. Kue Dolar juga cukup identik sebagai kue tempo jaman dulu. Usahanya Kue dolar pertamakali muncul pada tahun 1936  yang di beri nama Kuweh Dollar Tjap Masin di Surabaya. Dan kini, Tokonya dapat kalian temukan di main hall tahap l dan lll Pasar Atum, dan kalian pun bisa melihat langsung pembuatanya disana.

Roti Ketawa


Roti khas Sumatera utara ini bentuknya bulat dan ada belahan di permukaannya yang mirip dengan sebuah senyuman atau ketawa. Sama-sama ditaburi dengan wijen di atasnya, Roti ketawa ini sering disebut serupa dengan onde-onde, hanya saja teksturnya keras. Masakan nusantara ini sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh Pematangsiantar. Ada dua jenis roti ketawa, yaitu ukuran yang besar dan ukuran kecil, Jika kalian berkunjung ke Sumatera Utara bentuk aslinya kebanyakan berukuran besar. Roti Ketawa yang masih panas akan terasa lebih lembut  dan gurih, sehingga cocok untuk dinikmati dengan secangkir teh hangat atau susu hangat.


Kue Satu/Saptu


Mungkin kalian sudah sering melihat Kue Satu/Saptu ini jadi sajian khas saat lebaran atau acara pernikahan. Kue kecil berwana putih ini salah satu makanan khas Nusantara Warisan dari Jawa Barat yang sudah ada sejak jaman dulu. Bagi orang yang masih mengenal kental budaya pasundan, Resep pembuatan kue satu/saptu sudah diwariskan dengaan cara turun temurun. Kue berbahan dasar kacang hijau ini bukan hanya datang saat hanya perayaan besar seperti lebaran, namun tetapi sering dijadikan sebagai oleh-oleh dari jawa barat yaitu tanah sunda. Cara pembuatannya pun masih memegang teguh cara pembuatan tradisional yang mengguanakan paparan sinar matahari untuk mengeringkan kue.

Nasi/kue Kentut


Asal munculnya nama itu adalah masakan nusantara khas Medan ini di bungkus oleh daun kentut yang memang memiliki aroma yang tidak sedap seperti layaknya kentut. Namun tetapi ketika disantap oleh kalian akan melihat warna dari nasi tersebut memiliki warma kehijauan dan tercium aroma harum. Nasinya pun dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah bercita rasa gurih dan lauk seperti ikan pepes,ayam goreng, dam tahu atau tempe. Tidak banyak orang yang tau bahwa daun kentut adalah tanaman obat yang tumbuh liar dan juga memiliki khasiat seperti melancarkan pencernaan.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post