WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » » KAWASAN SEPUTAR KEBUDAYAAN INDONESIA


Kebudayaan Indonesia  berasal dari kata sansakerta yaitu buddhi yang artinya  akal. Karena keanekaragaman kebudayaan Indonesia yang mempunyai keunikan daya tarik bangsa lain dari belahan dunia yang mengetahuinya bahkan mereka pula ikut mempelajarinya.

Kebudayaan Indonesia ialah negri yang membentang hamparan alam hijau  yang indah, tanah yang subur bersama beraneka ragam sumber daya alam yang ada dan nyaris seluruh bangsa di dunia membutuh kan nya.Kebudayaan Indonesia memiliki identitas yang mesti dihormati, dijaga, dan butuh dilestarikan supaya kebudayaan tidak di lupakan.

Di kebudayaan  Indonesia ini terdapat lebih dari 300 grup suku bangsa. Contohnya seperti suku bangsa Maluku, suku bangsa aceh ,suku bangsa batak ,suku bangsa minang kabau ,suku bangsa betawi ,suku bangsa sunda ,sukuvbangsa jawa dan lain-lain.

Kebudayaan Indonesia dikenal dengan makanannya yang disukuai di dunia,misalnya seperti gado-gado makanan khas Jakarta dan pempek makanan khas Palembang.



CONTOH RAGAM SENI KEBUDAYAAN INDONESIA


a.Batik


Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah  menjadi bagia dari kebudayaan di Indonesia  (khususnya jawa ) sejak lama. Pekerjaan membatik yaitu pekerjaan sehari-hari perempuan dan membatik sebgai mata pencarian sehingga sampai sekarang ditemukan nya
“batik cap”mempunyai corak batik yang sangat indah.

b.Upacara Taubik Nusantara Barat
 

 Upacara taubik merupakan suatu tradisi di Sumatra barat,di pantai yang di selenggarakan oleh penduduk Sumatra barat  secara turun menurun. Upcara ini di gelar pada tanggal 10 Muharram ,dalam kalender islam,upacara ini juga sebangai simbol dan rasa hormat penduduk Sumatra barat terhadap cucu Nabi Muhammad SAW itu. Karena kemeriahan dan keunikannya dalam setiap penyelenggaraan upacara adat nya .





c. Makepung, Balap Kerbau Masyarakat Bali


Kalau Madura punya kerapan sapi, maka Penduduk Bali memiliki Makepung. Dua tradisi yang serupa tapi tidak sama, dan menjadi tontonan unik yang segar sekaligus menghibur penduduk sekitar. Yang dalam arti bahasa Indonesia yaitu berkejar-kejaran, adalah tradisi berupa lomba pacu kerbau yang telah lama menjadi tradisi masyarakat Bali, khusunya di kabupaten jembrana.

  Tradisi tersebut awalnya hanyalah permainan para petani yang membajak sawahnya di musim panen. Makin lama, kegiatanyang semulanya iseng itu pun berkembang dan makin diminati oleh banyak kalangan.

Sekarang Makepung telah menjadi salah satu atraksi budaya yang paling menarik dan banya di tonton oleh wisatawan termasuk para turis asing. Dan sekarang ini Makepung tidak hanya diikuti oleh para petani saja. Para pegawai dan pengusaha dari kota-kota pun banyak yang menjadi peserta maupun supporter.

d. Atraksi Debus Banten
 

    Debus Atraksi yang sangat berbahaya, konon kesenian bela diri debus berasal dari daerah al Madad. Semakin lama seni bela diri ini makin berkembang dan tumbuh besar disemua kalangan masyarakat banten sebagai seni hiburan untuk masyarakat.

 Kesenian debus banten ini banyak menggunakan dan memfokusan di kekebalan seseorang pemain terhadap serangan benda tajam, dan semacam senjata tajam yang disebut dengan debus. Kesenian ini tumbuh berkembang sejak ratusan tahun yang lalu, bersamaan dengan berkembangnya agama islam di banten. Seni bela diri ini digunakan untuk membangkitkan semangat para pejuang dan rakyat banten melawan penjajah yang dilakukan belanda.

KESIMPULANNYA
   
 Setiap Negara memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Seiring dengan berjalannya waktu, di era globalisasi dan kemajuan teknologi seperti saat ini tidak dipungkiri masuk juga kebudayaan asing sehingga terjadi interaksi antara berbagai kebudayaan.

 Dimana budaya asli berinteraksi dengan budaya asing yang makin berkembang dari Negara lain. Interaksi tersebut menciptakan Hubungan yang terwujud dalam bentuk akulturasi, asimilasi, sintesis dan penetrasi. Masuknya budaya asing dan hubungan antar budaya tersebut tentu akan menciptakan dampak yang bersifat positif dan negative.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post