WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Cara pembuatan Fermentasi Susu (YOGHURT)

Yoghurt dibuat dari fermentasi bakteri pada susu untuk memberikan manfaat pada tubuh karena yoghurt memiliki bakteri baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan percernaan.ada berbagai jenis susu yang bisa di gunakan untuk membuat youghurt, kebanyakan pembuatan yoghurt dengan susu sapi, yoghurt sendiri memiliki kandungan kalsium (Mencegah Osteoporosis) ,kaya protein (Membantu Gangguan Pencernaan) ,riboflavin (Memperkuat Sistem kekebalan tubuh), Vitamin B6 dan Vitamin B12 masih banyak lagi keunggulan dari yoghurt.
Fermentasi Susu (YOGHURT)
Fermentasi Susu (YOGHURT)

Cara pembuatan yoghurt melalui proses fermentasi dari gula susu(laktosa) menjadi asam laktat menggunakan bakteri – bakteri untuk menguraikan susu, adanya laktat mengebabkan yoghurt menjadikan stuktuknya menjadi padat dan kental juga ber aroma asam,Fermentasi tersebut menjadikan asam laktosa pada yoghurt berkurang,sehingga yoghurt aman saat di makan baik oleh yang lanjut usia maupun yang memiliki alergi pada susu.

Cara membuatan Fermentasi Susu (YOGHURT)
 Fermentasi Susu (YOGHURT)
Yoghurt merupakan makanan asal asia dan eropa hingga pada tahun 1900, menurut biologis rusia bahwa komsumsi berat yoghurt-lah yang mengebabkan rentang hidup petani Bulgaria yang panjang. 

Proses pembuatan susu fermentasi memiliki beberapa langkah, meliputi pemanasan awal pada susu (pasteurisasi),inokulasi,fermentasi, dan refrigensi, suatu tahapan mempengaruhi produksi akhir yoghurt. Pada prinsipnya, pembuatan yoghurt adalah upaya untuk menumpuhkan bakteri lalu berkembang pada susu. Mula – mula susu segar dipanaskan dengan suhu 72-80 °C selama beberapa menit setelah selesai lalu dinginkan hingga suhu 43 °C. selanjutnya ditambahkan stater(bakteri) sebanyak 2-5 % dan di inkubasi pada suhu selama 6-12 jam, pada umumnya yoghurt di libatkan dua atau lebih bakteri karena bakteri tersebut  memiliki perbedaan dan proses fermentasi, bakteri tersebut memiliki nama yaitu Streptococcus salivarius dan thermophilus dan genus lactobacillus jadilah yoghurt yang ditandai dengan aroma masam dan dengan susu kental.


Tahapan – tahapan cara membuat yoghurt dengan cara praktis dan bergizi dengan Alat, Bahan dan cara bembuatan 

Alat:

1) Termometer
2) Gelas ukur
3) Panci
4) Kompor
5) Toples kaca (bisa menggunakan wadah yang steril)

Bahan-Bahan:

1) Susu murni
2) Essence
3) Gula
4) Streptococcus salivarius dan thermophilus dan genus lactobacillus

Prosedur Pembuatan Yoghurt:

1) Pasteurisasi susu segar pada suhu 75°C  selama 15 menit.
2) Lalu Angkat dan masukkan dalam wadah atau toples kaca .
3) mendinginkan susu segar tersebut hingga mencapai suhu  40°C.
4) bila suhu udah suhu 40°C  Masukkan bakteri streptococcus salivarius dan thermophilus                        sebanyak 2% dari berat susu (jadi untuk 1 liter susu diperlukan 20 ml )
5) setelah rata, masukan kedalam toples yang steril
6) Lalu kita diamkan pada suhu ruangan selama 1 hari
7) Setelah yoghurt terlihat seperti Gel dan terlihat menggumpal beri gula atau perasa buah atau
        sirup
8) Lalu kita simpan di kulkas atau bisa langsung kita nikmati

Yoghurt memiliki karakteristik dan aroma yang Khas ,warnanya putih tulang bentuknya pun padat , rasanya asam karena pengaruh dari bakteri.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post