WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » » SEJARAH ISTANAH CPANAS

SEJARAH ISTANAH CPANAS  Istanah presiden cipanas bermula dari sebuah bangunan yang didirikan pada tahun 1740 oleh pemiliknya pribadi, seornag tuan tanah Belanda bernama Van Heots. Namun pada masa pemerintahan Hindia – Belanda, tepatnya mulai pemerintah Gubernur  Jendral G.W. Baron Van Imhoff (1743), karena daya tarik sumber  air panasnya, di bangun sebuah gedung kesehatan di sekitar sumber air panas tersebut.

 Di istanah cipanas ada juga tempat yang menarik yaitu air panas yang alami. Jikan kamu mempunyai penyakit kulit silakan kamu berkunjung ke tempat air panas. Karena air panas yg alami itu bisa menyembuhkan penyakit kulit.

 Istanah perisiden ini memiliki taman yang indah, bersih, dan udarah nya sangat segar. Selain taman dan udarah nya segar isatanah cipanas juga memiliki satu keunikan yaitu gedung induk. Nah, gedung induk ini sesuai dengan fungsinya, terdiri dari ruang tamu, ruang tidur, ruang kerja. Secara khusus ruang tamu di desaing berupa panggung dengan lantai yang terbuat dari matrial kayu.
Dibawa ruang lantai ruang tamu  ada juga ruang bawa tanah. Dulu di fungsikan sebagai penjara dalam tanah. Tapi skarang sudah menjadi gedung barang pecah belah. Kalu mau masuk lewat pintu sebelah kiri gedung induk.

Rahasia kehangatan istanah cipanas ada dua dua sumber mata air panas di bagian tengah kompelk isanah. Terdapat dua bangunan pemandian, bangunan pertama dikhuskan untuk mandi Presiden dan Wakil Prresiden beserta keluarganya. Jadi para pengunjung dan para pegawi – pegawai tidak boleh sembarangan masuk di tempat tersebut, apa lagi membuang air kecil / air besar.

Dan sampai sekarang masih aktif pemuaran air panas tersebut. Nah, karena sumber air panas dari gunung gede,jadi air pans masih bias di gunaka tetapi suhunya sisah 30 derajat Celsius karena gunug gede sudah tidak aktif lagi
.
Di istana cipanas juga terdapat ada sebuah kolam yang dicat biru dengan kedalam sekitar 80 cm yang terisi air berish dan jernih dan sangat menarik bagi pengunjung. Di istanah juga terdapat ada sebuah gedung yang namanya gedung BENTOL yang berupa jamur. Jika kamu penasaran dengan gedung itu datanglah keistanah cipanas
.
Tidak ketinggalan istanah cipanas juga masih ada taman herbalia, taman ini memiliki sekitar 400 jenis tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Meski terletak di ketinggian istanah cipanas memang hangat. Tak hanya punya sunber mata air yang panas tapi juga karena keyubugan suasana di dalamnya. Jadi kalu kamu ingin mengetahui tentang istanah cipanas kamu harus segerah berkunjung agar kamu bias melihat langsung keindahan dan keunikan dengan mata kepala kamu sendiri. Alamat nya di jalan raya cipans cianjur.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post