WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Sejarah Beras Pandan Wangi Cianjur

Sejarah Beras Pandan Wangi Cianjur
Sejarah Beras Pandan Wangi Cianjur

Siapa sih yang gatau beras pandan wangi cianjur yang terkenal harum dan pulen hehehe
Selain mempunyai banyak budaya cianjur juga punya beras yang wangi dan enak(pulen), ciri khas beras dari cianjur adalah karena kualitasnya, kualitas beras cianjur adalah pada ukuran yang cukup besar dan juga kekhasan akan aromanya yaitu wangi.
Pandan wangi merupakan beras wangi beraroma pandan yaitu beras yang merupakan satu-satunya beras terbaik yang tidak ditemukan di daerah lain dan menjadi khas Cianjur. Selain rasanya yang enak harga nyapun relatif lebih tinggi dari beras biasa.
Pesawahan yang menghasilkan beras asli Cianjur ini hanya di sekitar Kecamatan Warungkondang,Cianjur,Cugenang,dan sebagian kecamatan Cianjur. Luasnya sekitar 10,392 Ha atau 10.30% dari luas lahan pesawahan di kabupaten cianjur. Produksi rata-rata per hectare 6.3 Ton dan produksi per-Tahun 65,089 Ton.
Ada juga pedagang yang membeli beras kualitas rendah yang harganya Rp.5000 per kg kemudian digiling lagi dengan alat penggiling yang rodanya sudah disetel agar mampu menggesek bulir padi hingga terlihat mengkilat, lalu di beri pewangi sudah bisa mengubah harga menjadi Rp.8000 per kg.
Ciri – ciri beras itu berbentuk bulat – panjang, pada bagian tengah butir – butir beras itu ada titik kapur,
Bila dicium harumnya terasa wangi seperti bau pandan. Itulah beras pandan wangi. Bukan wangi karena aroma daun pandan. Di berbagai pusat perbelanjaan pasar beras tradisional hingga toko – toko hampir dipastikan menjual beras pandan wangi.
Tips Memilih Beras Pandan Wangi
Bagi anda penggemar beras pandan wangi nggak perlu pusing karena takut tertipu saat membeli beras pandan wangi asalkan teliti, jeli dalam memilih dan melihat bentuk fisik butiran beras.
Cara sederhana untuk membedakan beras pandan wangi asli dengan palsu cukup dilihat dari fisik butiran beras.
Beras jenis pandan wangi adalah beras unggulan petani asal Cianjur, Jawa barat padahal belum tentu beras yang terkandung di dalamnya jenis pandan wangi.
Selain memiliki wangi yang khas, beras jenis pandan wangi terkenal pulen. Karena itu, banyak merk beras memasang label pandan wangi di kemasannya. Beras pandan wangi asli bisa anda dapat.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post