WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Resep Cara Membuat Tauco Cianjur

Resep Cara Membuat Tauco Cianjur
Resep Cara Membuat Tauco Cianjur 


 Bagi kebanyakan orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian kuliner Tauco Cianjur, dari namanya saja kita pasti sudah bisa mengetahui jika kuliner yang satu ini berasal dari Cianjur. Hampir di setiap daerah di nusantara pasti memiliki Tauco versinya sendiri dengan kombinasi berbagai bahan dan cara penyajian yang tentunya berbeda-beda. Seperti kebanyakan makanan khas lainnya, Tauco Cianjur juga hanya bisa di temukan di daerah Cianjur atau di jawa barat. Meskipun hanya bisa di temukan di daerah jawa barat dan sudah menjadi kuliner khas di sana, namun Tauco Cianjur sendiri memiliki banyak sekali penggemar dan kebanyakan merupakan wisatan dari luar luar jawa barat. Oleh karena itu maka tak heran jika sajian kuliner yang satu ini masih tetap bertahan dan banyak di sajikan hingga sekarang.

Selain karena cara penyajiannya yang cukup unik dan berbeda dengan kuliner lainnya, Tauco Cianjur juga memiliki cita rasa yang begitu nikmat dan lezat. Dan sajian kuliner ini juga cocok di nikmati pada saat sarapan, makan siang ataupun makan malam, selain karena rasanya yang lezat Tauco Cianjur ini juga terbuat dari berbagai bahan tradisional sehingga di jamin sehat. Untuk anda yang ingin mencicipinya, anda tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke jawa barat untuk membelinya. Karena bahan yang di perlukan tidak terlalu banyak dan mudah di dapatkan, selain itu juga cara membuatnya tergolong mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, jadi anda bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai menu makanan untuk keluarga anda. Berikut ini anda bisa simak Resep Cara Membuat Tauco Cianjur di bawah ini :

Resep Tauco Cianjur 

Bahan-bahan :
50 gram tempe
250 gram Gula aren
2 liter Air
400 gram Garam
50 gram Tepung beras
50 gram Tepung ketan
tauco/ragi yang sudah dilarutkan
1 kg Kedelai kuning


Cara Membuat Tauco Cianjur dari Cianjur :
  • Bersihkan kacang kedelai terlebih dahulu dengan cara di cuci menggunakan air bersih.
  • Setelah itu rendam kedelai menggunakan air hangat selama kurang lebih 5 menit.
  • Kemudian ganti rendaman airnya dengan air dingin dan diamkan selama 12 jam.
  • Kemudian kupas kedelai dan pisa.
  • Lalu rebus kedelai selama 2 jam hingga mendidih, kemudian angkat dan tiriskan kedelai selama 1 jam (sampai dingin). Lalu sisihkan.
  • Kemudian campurkan tepung beras dan tepung ketan, dan sangrai hingga berwarna kuning
  • Setelah itu tambahkan larutan tauci/ragi, dan aduk rata.
  • Setelah itu letakkan kedelai diatas tampah dan ratakan, lalu taburi dengan campuran tepung hingga merata.  Dan peram/fermentasi selama 3 hari.
  • Lalu setelah itu, jemur kedelai hingga kering kemudian haluskan gumpalan-gumpalannya.
  • Larutkan garam dengan air. Lalu masukkan campuran kedelai dalam wadah, dan tuang larutan garam. Lalu tutup agak rapat dan peram kembali selama 4 minggu.
  • Lalu tambahkan gula pada kedelai yang sudah diperam, kemudian masak hingga mendidih dan tidak terbentu buih-buih lagi.
  • Dan Tauco Cianjur siap untuk di nikmati.


Dan demikianlah pembahasan tentang Resep Cara Membuat Tauci Cianjur Yang Nikmat yang dapat kami berikan untuk anda pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah. Resep istimewa ini dari  Resep yang selalu memberikan resep masakan dan minuman terbaru dan mudah di sajikan setiap harinya hanya untuk anda. Dan masih banyak resep masakan dan minuman special lainnya yang akan kami berikan untuk anda disini seperti Resep Cara Membuat Nasi Bakar Merah Yang Sederhana

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post