WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » BNPB Gandeng Komunitas Akan Bersihkan Sungai

Pasundanradio.com - Kondisi sungai yang kotor akibat limbah pabrik dan rumah tangga membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berusaha untuk melestarikan sungai. Banyak industri yang sengaja membuang limbahnya ke sungai membuat kondisi air bukan hanya kotor namun juga bau.

Hal ini diakibatkan karena tidak sadarnya para pengusaha dan juga masyartakat sehingga kondisi sungai menjadi seperti sekarang. Sampai-sampai ikan pun ikut tercemar bahkan ada yang tidak bisa hidup karena banyaknya limbah yang dikeluarkan.

"Sungai-sungai itu dulunya bersih dan banyak ikan didalamnya tapi sekarang tidak. Banyaknya pabrik-pabrik industri yang berdiri membuat air sungai tidak lagi bersih ditambah lagi sampah rumah tangga yang dibuang," jelas Diah Hadianti selaku Kasi Kesiap Siagaan BPBD Cianjur.

Dia bersama jajarannya berniat melakukan kegiatan agar sungai-sungai yang ada di Ciannur bisa kembali bersih. Bersama beberapa komunitas yang ia gandeng akan menyusuri beberapa sungai yang dianggap sudah dalam taraf memprihatinkan.

"Sudah ada enam komunitas yang terbentuk dan bersedia untuk bekerjasama. Mereka nantinya akan membersihkan sungai terutama limbah rumahtangga yang berada di beberapa sungai," katanya.

Selain membersihkan sungai setiap komunitas juga nantinya akan menanam secara hidroponik dan memanen air hujan yang banyak manfaatnya. Penyebarluasan akan pentingnya pengelolaan sungai juga harus diterapkan kepada aparatur.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post