WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Sedikitnya Di Cianjur Terdapat 362 Titik Rawan Bencana

Pasundanradio.com - Rangking pertama biasanya membuat kita merasa senang dan juga bangga. Namun tidak demikian halnya dengan predikat yang disandang Cianjur. Seringnya terjadi berbagai bencana di wilayah Kabupaten Cianjur membuat pihak Pusat memberikan predikat rangking pertama rawan bencana.

Berbagai macam bencana yang mengintai dan biasa melanda kabupaten Cianjur, antara lain longsor dan angin puting beliung. Selain itu juga wilayah Cianjur yang memiliki laut berpotensi terjadinya tsunami serta letusan gunung. Hal ini membuat warga merasa "was-was".

"Naiknya ranking dari semula ke 11 menjadi pertama bukan hal yang membanggakan tapi memilukan. Tapi kita telah mengetahui titik-titik mana saja yang merupakan wilayah rawan bencana," kata Dedi Heryana, selaku Kasubag Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur.

Dirinya menjelaskan bahwa di Cianjur terdapat 362 titik rawan bencana yang tersebar di seluruh Cianjur. Hal ini sudah terpetakan dalam buku yang disusun dalam Rencana Penanggulangan Bencana Daerah (RPBD) Kabupaten Cianjur disetiap wilayah.

"Dalam buku tersebut, sudah terpetakan beberapa titik rawan bencana setiap wilayah, baik desa maupun kecamatan dengan kategori yang bervariatif mulai dari sedang sampai kategori tinggi. Untuk jenis-jenis bencananya meliputi longsor, angin puting beliung, tsunami, gempa bumi, juga gunung meletus," jelasnya.

Namun begitu diakuinya bahwa peristiwa bencana ada yang bisa diprediksi ada juga yang tidak, antara lain yang bisa diprediksi seperti dipesisir laut. Dimana air laut tiba-tiba surut sehingga ikan-ikan bergelimpangan. Sudah bisa diprediksi dalam waktu tidak lama itu akan terjadi tsunami.

“Beberapa bencana memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Tapi ada bencana yang bisa diprediksi, yaitu tsunami. Kalau ada gempa diatas 6,5 skala richter di dasar laut. Yang kedua, air laut tiba-tiba surut, bisa diprediksi tsunami akan datang,” ucapnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post