WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Korban Banjir Bandang Di Sindang Barang Rusakkan 198 Rumah Terima Bantuan

Pasundanradio.com - Pemerintah Kabupaten Cianjur memberikan bantuan kepada korban banjir bandang yang berada di kampung Bojong Koneng, dan kampung Simpang, Desa Girimukti  Kecamatan Sindang Barang. Seperti diketahui bahwa Cianjur merupakan salah satu daerah yang berada di wilayah rawan bencana.

Sindang Barang merupakan salah satu wilayah Cianjur Selatan yang mana wilayah rentan dengan kejadian bencana. Masyarakat dihimbau untuk tidak membangun rumah tinggal dipinggir atau bantaran sungai atau di lereng gunung. Selain itu juga warga dihimbau untuk selalu waspada bila terjadi gejala-gejala alam yang mengarah pada terjadinya bencana.

Sopandi yang merupakan salah seorang warga Bojongkoneng menuturkan, banjir bandang diawali dengan hujan yang deras pada pukul 16.00-18.00 WIB. Dan pada pukul 19.00 ada gerakan air yang menghantam rumah, hingga tembok rumah menjadi hancur sehingga air masuk ke rumahnya. Banjir bandang itu terjadi akibat meluapnya aliran sungai Cikadu (31/8).

Kepala Desa Girimukti Sulman menuturkan, banjir bandang bergerak sejak pukul 19.00 WIB dan berakhir pada pukul 24.00 Wib. Keadaan rumah yang rusak berat sebanyak 125 rumah, 73 rusak ringan, dan 1 orang korban meninggal dunia karena tidak sempat menyelamatkan diri.

Sementara itu Kepala BPBD Asep Suparman menuturkan bahwa pihaknya telah memberikan kebutuhan logistik bagi korban juga mengadakan normalisasi pada rumah-rumah penduduk, seperti saluran-saluran air yang tersumbat, lumpur-lumpur yang tertinggal. 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post