WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Harus Ada Peran Serta Warga Dalam Mengawasi Orang Asing

Pasundanradio.com - Keberadaan warga asing khususnya dari Timur Tengah sudah dirasa meresahkan. Meski hanya dilakukan oleh sebagian kecil saja namun keberadaan mereka sudah dirasa mengganggu. Terlebih warga dari Maroko. Banyak kalangan wanita asal negara tersebut bukanlah wisatawan namun keberadaan mereka sebagai pemuas nafsu hidung belang. 

Sudah menjadi rahasia umum keberadaan mereka di kawasan utara adalah pekerja sex komersial (PSK). Mereka beroperasi dikawasan tersebut dengan berkedok wisatawan. Belum lagi mereka masuk dengan cara ilegal. Hal ini membuat kantor imigrasi harus melakukan pengawasan kepada mereka.

"Kedatang turis itukan ada yang membawa berita baik dan buruk. Bila ada yang menguntungkan kita sambut tapi bila merugikan kita berikan tindakan. Bagi orang asing harus dengan pihak imigrasi dan konsulat jenderal dan kedubes, paling kita usir," kata Tedi Artiwan, dari Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cianjur.

Dijelaskan Tedi kalau Kesbangpol hanya sebagai pengawasan orang asing (POA) saja yaitu mendeteksi dini. Pihaknya hanya mendata dan melaporkan keberadaan orang asing dan tidak pada penindakan karena tidak memilki wewenang.

Dirinya memaparkan harus ada peran serta dari masyarakat untuk mengawasi orang asing itu. Dijelaskan perminggunya orang asing yang datang berkunjung ke Cianjur tidak kurang dari 200 orang turis. Tapi yang stay jumlahnya sebanyak 193 orang diseluruh wilayah Cianjur.

Namun begitu pihaknya harus memiliki tim khusus guna melakukan pengawasan. Nantinya tim yang diberinama Tim Pengawas Orang Asing (TPOA) berkewajiban untuk mengawasi setiap orang asing yang berada di wilayah Cianjur.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post