WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Dinas Peternakan Pasang Label Pada Hewan Qurban

Pasundanradio.com - Jelang Iduk Adha Dinas Peternakan Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Cianjur, melakukan pemeriksaan hewan qurban ke ditempat-tempat penjualan. Ini dilakukan sebagai antisipasi adanya hewan qurban yang tidak sehat ataupun terkena penyakit. Pemeriksaan tersebut dilakukan secara menyeluruh antara lain mata, mulut, gigi termasuk kotoran.

Kasi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Peternakan Perikan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, Agung Rianto mengatakan pemeriksaan ini penting dilakukan agar memberi keamanan dan ketenangan bagi mereka yang akan ber qurban.

“Bukan hanya pemeriksaan luar saja tapi pemeriksaan dalam juga kami lakukan. Agar pembeli merasa nyaman dalam ber qurban. Yang cacat kita minta pada para pedagang tidak boleh dijual," kata Agung.

Selain kesehatan juga usia hewan yang dijual sebagai qurban turut diperhatikan. Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain untuk domba salah satu ciri utamanya terletak pada gigi seri depan lepas secara alamiah, maka bisa dikategorikan dewasa dan layak dijual. Sementara untuk sapi, usianya berkisar satu tahun.

Pemeriksaan dilakukan di pasar hewan Jalan Siliwangi dan juga di Jalan KH. Abdullah Bin Nuh. Pihaknya juga memasang label sehat pada hewan qurban yang dijual. "Dengan adanya label tersebut penjual merasa aman dan juga harga jualnya lebih bagus," ucap Agung.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post