WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Polres Cianjur Tangkap Pelaku Trafficking Antar Negara

Pasundanradio.com - Kabupaten Cianjur selain terkenal dengan tenaga kerja wanita (TKW) yang bermasalah di luar negeri juga dikenal dengan perdagangan manusia (trafficking) ke luar negeri. Sudah cukup lama hal ini terjadi namun seakan tidak berhenti. Pelaku pun seakan tidak takut dengan Undang-undang yang akan di terimanya.

Yang lebih mengkhawatirkan korbannya yaitu dari kalangan usia muda. Mereka dibujuk dan dijanjikan akan diberi pekerjaan dengan penghasilan yang cukup besar. Namun kenyataannya mereka dijual ke berbagai negara. 

"Salah seorang pelaku berinisial DW, warga Cianjur telah kami tangkap. Ia merupakan jaringan penjualan manusia antar negara dengan modus operandinya yaitu pelaku berpura-pura sebagai informan jaringan dari Polda," kata Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Benny Cahyadi.

Menurut informasi awal pelaku ini merupakan jaringan besar karena dalam melakukan rekrutmen korban-korbannya bukan hanya dari Cianjur saja tapi juga dari kota-kota lain. Pihaknya juga mendapatkan informasi dari saksi-saksi dan korban bahwa pelaku bertanggungjawab atas tindakan trafficking.

"Korban-korbannya di janjikan akan mendapatkan gaji sebesar 2 juta. Namun ada hal yang menarik dalam kasus ini dimana anak pelaku dijadikan sebagai umpan untuk merekrut atau menjaring korban-korbannya," jelas Benny.

Diungkapkannya korban yang sudah masuk dalam jaringannya lalu di sekap dan dikirim ke Singapura dan Malaysia lewat Batam.

Pelaku akan dijerat sesuai dengan pasal 2 dan pasal 10 Undang-Undang nomor 1 tahun 2007 tentang tindak pidana trafficking juga pasal 263 karena kedapatan melakukan pemalsuan data dengan ancaman diatas 5 tahun penjara.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post