WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Cianjur Peroleh WTP

Pasundanradio.com - Sebelas Pemerintah Daerah (Pemda) berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Tujuh Pemda di antaranya Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Tasikmlaya, berhasil mempertahankan oponi WTP dari tahun sebelumnya.


Sedangkan empat pemda lainnya baru pertama kali memperoleh WTP, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten purwakarta. Opini WTP tersebut di sampaikan  Kepala Perwakilan (Kalan) Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa. Kepada para Ketua DPRD dan Kepala Daerah di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Jabar.



Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 (PP/2010) tentang Standar Akuntasi Pemerintahan, tahun 2015 ini merupakan tahun pertama bagi pemerintah daerah di seluruh Indonesia menerapkan akuntansi berbasis akrual, baik pada penerapan system akuntasinya maupun pada penyajian laporan keuangannya.



Manfaat akuntasi  berbasis akrual adalah dapat memberikan gambaran utuh atas posisi keuangan pemerintah daerah, serta memberikan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah daerah, serta memberikan informasi yang lebih berkualitas dalam mengevaluasi kinerja pemerintah daerah.



Opini WTP merupakan pernyataan professional pemeriksa mengenai “kewajaran” laporan keuangan, bukan merupakan “jaminan” tidak adanya Fraud yang ditemui ataupun kemungkinan timbulnya Fraud dikemudian hari. Hal ini penting disampaikan mengingat masih masih banyak kesalahpahaman oleh sebagian kalangan mengenai makna opini BPK.



Beberapa permasalahan terkait dalam penerapan akuntansi berbasis akrual yang masih di hadapi oleh pemda di antaranya adalah masalah penyusutan termasuk beban penyusutan yang tersaji di LO dan akumulasi penyusutan di Neraca, masalah penyajian Dana BOS dan dana lainnya di luar APBD.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post