WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Masyarakat Dihimbau Waspadai Virus Flu Burung

Pasundanradio.com - Kondisi cuaca yang cenderung sering turun hujan membuat kondisi hewan ternak mengalami penurunan. Selain itu masyarakat juga dihimbau untuk mewaspadai terhadap virus Flu Burung (Avian Influenza). Terlebih dengan ditemukannya hewan ternak ayam yang mati karena virus flu burung di Jakarta beberapa waktu lalu. 

"Di musim penghujan seperti sekarang yang kami waspadai itu adalah virus flu burung (Avian Influenza). Karena pada saat musim penghujan seperti ini kondisi ketahanan ternak menjadi menurun," kata Agung Rianto, Kabid Kesehatan Hewan dan Manusia Feteriner (Kesmafet) Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakanlut) Kabupaten Cianjur.

Namun begitu dirinya menuturkan sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat terkait dengan virus flu burung H5N1. Pihaknya bersama jajaran yang ada di lapangan selalu melakukan monitoring ke berbagai wilayah juga selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat langsung dengan penyuluhan ataupun pembinaan ke kelompok-kelompok ternak.

"Sebagai langkah pencegahan kita melaksanakan vaksinasi AI yang merupakan kegiatan rutin. Kita juga memiliki tim Unit Reaksi Cepat (URC) yang akan bergerak cepat kalau ditemukan penyakit pada hewan untuk mengabil langkah yang diperlukan," jelasnya. (f)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post