WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Pendaftar Haji Sering Miliki Identitas Yang Berbeda

Pasundanradio.com - Sejumlah calon haji terancam gagal berangkat. Pasalnya data yang disodorkan oleh pendaftar ke kementrian agama (Kemenag) berbeda-beda. Perbedaan data terdapr pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte kelahiran, surat nikah dan juga yang lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh H. Mamat selaku staff pemberangkatan haji dan umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur. Dirinya mengungkapkan bahwa beberapa orang memiliki yang mendaftar untuk berhaji selalu saja ada yang memiliki data yang berbeda satu sama lain.

"Kita dibuat puyeng dengan data yang dimiliki mereka. Kami jadi kesulitan karena data yang dimiliki pendaftar baik KK maupun identitas lainnya dan terkesan tabrakan (berbeda, red)," ungkapnya.

Mamat menuturkan pihaknya terkadang dibuat bingung dengan hal itu. Menurutnya data yang simpang siur dan tidak tepat tersebut diperkirakan karena akibat kelalaian dari setiap orang dalam pengurusan dokumen. Bahkan lanjutnya, ada satu orang memiliki KTP sampai 3 lembar dengan data yang berbeda.

"Cukup banyak kasus serupa terjadi. Antara lain perbedaan antar KK, KTP, Surat Nikah dan Ijazah pun tidak ada yang sama. Perbedaan identitas lainnya seperti nama dan juga tanggal lahir. Ya mungkin mereka menggap tidak terlalu penting," tuturnya.

Dijelaskannya meski hanya beberapa orang saja namun setiap tahun hal serupa selalu saja ada. Dirinya terkadang harus bolak balik ke Provinsi bahkan ke Pusat karena ditanya karena terdapat identitas yang beda.

"Ya kami juga harus bolak balik karena kami disangkanya memasukkan orang lain," jelasnya.

Namun demikian bagi mereka yang memiliki dokumen yang berbeda dirnya mengharuskan pendaftar untuk memperbaiknya terlebih dahulu dengan cara menjalani sidang di pengadilan. (f)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post