WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Kantong Plastik Berbayar Hanya Untungkan Minimarket

Pasundanradio.com - Adanya kebijakan kantong plastik berbayar ditanggapi beragam oleh masyarakat Cianjur. Ada yang mengganggap bahwa dengan dikeluarkan kebijakan tersebut bisa mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Namun ada juga yang menganggap kalau itu hanya akan menguntungkan pengusaha saja. 

Adapun tujuan program tersebut yaitu untuk menekan penggunaan plastik dan juga sebagai langkah guna mengurangi pencemaran lingkungan di Indonesia. Banyak juga warga yang menyangsikan kalau hal positif ini hanya akan menguntungkan minimarket tersebut. Pasalnya tidak semua toko/minimarket memberlakukan program tersebut.

"Saya sih tidak setuju ya. Bukan apa-apa kalau untuk mengurangi sampah plastik kenapa tidak dibelakukan ke semua toko. Toko lain tidak begitu," ucap  Gunawan, salah seorang warga Cianjur.

Dirinya merasa aneh untuk pengurangan katong plastik setiap yang pembeli tidak ditawarkan apakah mau menggunakan plastik atau tidak. "Pihak minimarketnya juga tidak menawarkan apakah menggunakan kantong atau tidak. Ini main langsung beber aja ke plastik. Dan dia tinggal masukkan dalam struknya," jelasnya.

Sementara itu warga lainnya yang berbelanja di minimarket yang memeberlakukan program plastik berbayar tidak merasa keberatan dengan diharuskan membayar kantong plastik yang hanya Rp200. Dirinya menganggap tidak seberapa dengan harga kantong yang dibebankannya.

"Ya ga apa-apa cuma 200rupiah kan. Tapi kalau dikumpul-kumpul bisa banyak juga. Iya-yah pihak tokonya bakalan tambah untung. Belum lagi kembalian yang biasanya mereka ngomong, katanya untuk disumbangin ntah ke mana juga ga tau," ucap Nina, salah seorang ibu rumah tangga.

Namun dirinya menilai kalau harga yang diberlalukan terhadap kantong plastik yang terlalu murah dan tidak adanya penawaran dari pihak minimarket tersebut membuat program diet plastik ini tidak akan berhasil.

"Kayaknya kalau tujuannya untuk mengurangi sampah plastik, saya ragu akan berhasil. Soalnya tadi juga tidak ditawarin apakah mau pake plastik atau ngga. Barang yang kita beli sama mereka dimasukin begitu saja," tuturnya. ( f )

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post