WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Taman Prawatasari Cianjur Diresmikan

Pasundanradio.com - Kawasan perkotaan di Indonesia belakangan ini cenderung mengalami permasalahan yang timbul akibat tingkat pertumbuhan penduduk terutama akibat arus urbanisasi sehingga menyebabkan pengelolaan ruang kota makin berat.

Jumlah penduduk perkotaan yang tinggi dan terus meningkat dari waktu ke waktu tersebut  memberikan implikasi pada tingginya tekanan terhadap pemanfaatan ruang kota. Sehingga penataan ruang kawasan perkotaan perlu mendapat perhatian yang khusus, terutama yang terkait dengan penyediaan kawasan hunian, fasilitas umum dan sosial serta ruang-ruang terbuka publik di perkotaan.

Indikasi permasalahan tersebut terlihat pula di Cianjur. Kepadatan penduduk di Kecamatan Cianjur berdampak terhadap meningkatnya kebutuhan pemanfaatan ruang-ruang kota sebagai tempat interaksi sosial warga.

“Salah satunya adalah pemanfaatan lapangan olahraga Prawatasari yang secara alami berkembang menjadi pusat keramaian masyarakat Cianjur di waktu-waktu tertentu.” Demikian yang dikatakan Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh, saat membuka dan meresmikan Taman Prawatasari, Joglo, Cianjur, Senin (18/1).

Dikatakan Bupati, beragam aktifitas sosial dan ekonomi bercampur tidak teratur yang berdampak terhadap ketidaknyamanan pengguna, mengabaikan kondisi infrastruktur yang ada serta dimensi ekologis lingkungan. Dalam skala yang lebih luas akan memengaruhi kenyamanan pengguna fasilitas kota yang lain.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kab. Cianjur,  Yeyen Rohyanda, mengatakan, proses pembangunan Taman Prawatari tersebut dibangun atas dua tahap. Tahap pertama, yaitu tahun anggaran 2014 dananya diperoleh dari Bantuan provinsi (Banprov) sebesar Rp 4 miliar. Tahap kedua, yaitu tahun 2015 diperoleh dari DPBD Cianjur sebesar Rp 4,8 miliar. ( f )

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post