WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Pengelola Khawatirkan Situs Gunung Padang

Pasundanradio.com - Pengelola situs Gunung Padang merasa khawatir dengan pengunjung yang selaku bertambah. Pasalnya diantara para pengunjung ada yang belum mengetahui bagian-bagian mana yang boleh di kunjungi. Hal ini lambat laun dapat mengakibatkan rusaknya cagar budaya itu.

"Kalau kita setuju tidak setuju dengan banyaknya pengunjung yang datang ke situs. Kalau kita perhatikan banyak hal-hal yang dilanggar oleh para pengunjung. Karena mungkin belum ada batas pengunjung dengan peninggalan cagar budaya," kata Zenal, salah seorang pengelola situs Gunung Padang.

Situs Gunung Padang yang berada di Kecamatan Karyamukti, Cianjur, terus mengalami peningkatan pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka sangat menikmati ketika barada di atas kawasan situs tersebut. 

Menurut Zenal, dalam sebulan bisa mencapai lebih dari 10 ribu pengunjung. Dari jumlah tersebut sekitar 19 persennya merupakan warga asing. "Penerapan untuk larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan di Gunung Padang, dengan adanya pemasangan papan informasi yang diterapkan di setiap tahapan situs yang mana  setiap teras dipantau oleh 3-4 orang," jelasnya.

Untuk menerapkan kedisiplinan bagi para pengunjung tersebut tentunya banyak pemikiran dan pekerjaan yang harus dilakukan secara serius. "Ini merupakan hal yang harus dipikirkan bersama untuk menjaga dan melestarikan situs," ucapnya. (f)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post