WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Partisipasi Turun Jangan Salahkan Masyarakat

Pasundanradio.com - Pelaksanaan pemilihan kepala daerah telah usai dilakukan, Rabu (9/12). Beberapa catatan yang harus dijadikan sebagai perbaikan. Hal ini terlihat di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), dimana banyak warga yang tidak mengetahui pasangan calon (Paslon), hingga malasnya warga yang datang ke TPS.

Seperti halnya di TPS 8 yang diikuti oleh warga RT 004 dan 003 RW 004 Desa Cibeureum Kecamatan Cugenang. Di TPS tersebut hanya di ikuti sebagian warga. Dilihat dari jumlah partisipasi masyartakat di tempat itu menurun. Entah apa yang terjadi namun sepertinya mereka sudah merasa bosan dengan janji-janji yang merupakan "jualan" mereka.

"Kepercayaan masyarakat mulai pudar. Mereka sepertinya sudah malas lagi dan bosan dengan janji yang tidak juga mereka rasakan," kata Asep, yang merupakan salah satu anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Cugenang.

Dirinya tidak heran dengan menurunnya partisipasi warga untuk datang ke TPS. Jumlah partisipasi ini terus menurun seiring dengan tidak tidak adanya realisasi pada pemilu yang merupakan pesta demokrasi. "Dulunya warga begitu antusias dalam menghadapi pemilu. Tapi ya mungkin janji yang tidak di realisasikan sehingga pemilu tidak lagi penting bagi mereka," tambahnya.

Senada juga di ungkapkan Salsiah (17), salah seorang warga Sabandar Cianjur yang merupakan pemilih pemula. Dirinya menilai pelaksanaan pemilihan tidak terasa dan tidak ada gemanya. Menurutnya wajar kalau partisipasi warga menurun.

"Tidak usah di salahkan kalau banyak diantara warga yang mungkin waktu pencoblisan lebih memilih dipergunakan untuk liburan," ucapnya.

Dirinya berharap pada siapapun yang akan menjadi pemenang dari sebuah pertarungan politik Pilkada ini, bisa memberikan harapan adanya perbaikan bagi warga dan jangan hanya janji saja. ( f )

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post