WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Pengrajin Bronjong Tambah Orderan

Pasundanradio.com - Setelah musim kemarau berlalu, kini masuk pada musim penghujan. Di beberapa wilayah di Cianjur, hujan turun dengan cukup deras. Saat seperti ini diwilayah yang sering mengalami bencana baik longsor ataupun erosi dibutuhkan penahan agar hal itu tidak terjadi.

Salah satunya bronjong. Bronjong adalah media  penahan tebing yang terbuat dari rangkaian kawat baja yang di anyam sehingga berbentuk kantong dan didalamnya diisikan batu, serta berfungsi sebagai penahan tanah agar tidak ambruk.

Harga satunnya antara Rp70 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung dari material kawat yang dipakai serta ukurannya. "Untuk harganya ada yang Rp 60 ribu juga ada yang lebih dari seratus ribu. Tergantung dari jenis kawatnya dan rapat atu renggangnya bronjong yang dibuat," kata Acun (17), yang merupakan pengrajin anyaman bronjong di kawasan Cibeureum Cianjur.

Dalam saru hari dirinya mengaku bisa menyelesaikan 20 hingga sekitar 30 buah bronjong. Itu di selesaikan bersama dengan 2 temannya. Dirinya yang telah mahir membuat brojong merasa, pesanan akan bertambah ketika memasuki musim penghujan. 

"Pesanan sekarang bertambah sekitar 5 persen lah ada. Pemesan ada yang dari Bogor, Jakarta juga, teus juga dari sekitaran Cipanas, malah dari Sukabumi juga ada," tururnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Budi, salah seorang temannya. Dirinya bersyukur karena jumlah pesanan betambah dan berharap pemesan akan selalu ada. ( f )

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post