WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Disnakanlut Cianjur Himbau Petani Ikan Waspadai Cuaca

Pasundanradio.com - Memasuki musim penghujan petani ikan jaring apung yang berada di Jangari harus mewaspadai berbagai penyakit yang akan timbul. Hal ini dikarenakan perubahan ketinggian dan juga aliran air dari bawah menuju atas.

"Perubahan arus yang timbul dari bawah menuju atas (Upwelling) biasa terjadi sehingga menimbulkan berbagai sisa makanan dan kotoran akan naik yang bisa menimbulkan kematian pada ikan," kata Agung Rianto, selaku Kasi Kesehatan (Disnakanlut) Kabupaten Cianjur, Kamis (05/11).

Dijelaskannya bahwa perubahan cuaca yang terjadi dari musim kemarau ke musim penghujan kondisi ikan sangat rentan hingga menimbulkan kematian. Seperti yang dialami setiap tahun dengan timbulnya upwelling, banyak ikan mat sebelum dipanen.

Hal lainnya yaitu banyak ikan yang mati diakibatkan terkena virus Koi Herves Virus. Dirinya berharap kepada para petani untuk mengurangi pakan. "Bisa juga dengan puasa, atau sementara tidak diberikan pakan dahulu untuk mencegah penumpukan pakan yang tidak dimakan dan mengendap di dasar kolam," tuturnya.  ( f )

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post