WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Puluhan Tahun Waktu Untuk Sosialisasi Hukum di Cianjur

Pasundanradio.com - Puluhan tahun waktu yang dibutuhkan bagi warga Cianjur untuk memahami hukum. Hal ini dikarenakan dana yang dialokasikan untuk melakukan sosialisasi kepada warga ke desa-desa sangat kecil. Sedangkan Cianjur sendiri terdapat 365 desa. 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Hukum Kabupaten Cianjur, Heri Supardjo, brelum lama ini. Dikatakannya bahwa setiap tahunnya pemerintah Kabupaten Cianjur, hanya mampu melaksanakan sosialisasi 5 desa. 

"Setiap tahunnya hanya 5 desa saja. Hal ini dikarenakan terbatasnya anggaran yang diperuntukkan bagi sosialisasi ke desa-desa. Jadi bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjangkau seluruh desa," ucapnya.

Meski anggaran yang tersedia terbatas, pihaknya tetap mensosialisasikan antara lain peraturan daerah (Perda) terbaru ke setiap kecamatan dan dilanjurkan ke desa-desa. "Kita undang tokoh masyarakat dan juga kepala desa. Dari pertemuan itu diharapkan ada effek yang menyerap ke bawah, dan dapat disosialisasikan ke masyarakat," jelasnya.

Dalam mensosialsasikan produk hukum baik pusat maupun daerah, pihaknya mengutamakan desa yang benar-benar harus segera diberikan informasi. Adapun beberapa indikator desa yang harus disegerakan dalam mensosialisasikan suatau aturan yaitu antara lain ketaatan pajak.

"Yang menjadi prioritas bisa dilihat dari ketaatan warga dalam membayar pajak, misalnya. Kalau tidak taat ya itulah yang belum masuk dalam warga sadar hukum. Selain itu juga jumlah perkawinan dibawah umur. Padahal kita memiliki Undang-Undang perkawinan yang membatasi usia minimal. Serta tingkat kriminal di suatu daerah. Itu bisa dijadikan sebagai barometer," tuturnya. (F)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post