WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Penerimaan Retribusi Pajak Hilang

Pasundanradio.com - Pemerintah Kabupaten Cianjur tidak lagi mendapatkan retribusi pajak dari keberadaan  menara telekomunikasi. Pasalnya Mahkamah Konstitusi mengeluarkan keputusan yang membatalkan pasal 124 Undang-Undang yang mengatur tentang retribusi menara untuk daerah.

"Dengan adanya keputusan MK itu pemkab Cianjur tidak lagi diperkenankan untuk memungut retribusi pajak. Padahal penerimaan dari sektor itu cukup besar," kata Sukastono, selaku Kepala Bidang Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Cianjur, Sukastono.

Dirinya menambahkan dengan tidak bisa menarik pajak retribusi otomatis pendapatan daerah dari sektor itu akan hilang. Diakuinya bahwa di Cianjur terdapat sekitar 320 buah yang tersebar di seluruh wilayah. 

"Satu menara dengan menara lain nilai retribusinya berbeda tergantung dengan ketinggian dan jarak lokasi, operatornya, kesesuaian lokasi. Ada yang Rp1juta ada juga yang lebih. Itu dibayarkan setiap setahun sekali," ucapnya.

Ketika ditanya apakah di tahun sebelumnya ada yang menunggak, dirinya menjawab sejak diberlakukannya pajak tersebut tidak mengetahui secara pasti dikarenakan pembayarannya langsung ke pihak pemkab Cianjur. Pihaknya berharap kepada pihak terkait untuk secapatnya merevisi peraturan daerah agar potensi dari keberadaan menara itu bisa kembali diraih. (F)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post