WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Pemkab Cianjur Belum Miliki Aturan Tentang Warga Asing

Pasundanradio.com - Berdirinya beberapa industri di Kabupaten Cianjur,  tidak dipungkiri bisa menyerap tenaga kerja baik warga lokal maupun warga asing. Ratusan bahkan ribuan tenaga kerja akan masuk sebagai bagian dari pelaku usaha. Tidak terkecuali tenaga asing. Meski warga asing menempati posisi tertentu, namun keberadaan mereka jumlahnya cukup banyak. 

Kebanyakan warga asing yang bekerja di wilayah Cianjur, berasal dari Asia, yaitu Korea. Dikarenakan negara itulah yang banyak berinvestasi di kabupaten Cianjur. "Mereka kebanyakan bekerja di perusahaan-perusahaan Korea, sebab perusahaan dari negara Korea lah yang kebanyakan berdiri di Cianjur." Demikian yang dikatakan oleh Endang, selaku Kepala BPPTPM Kabupaten Cianjur, belum lama ini.

Pihaknya mencatat ada sekitar 48 orang warga asing yang bekerja di wilayah Cianjur. Dilihat dari potensi bagi pendapatan asli daerah (PAD) pihaknya mengatakan bahwa hal itu sangat besar. Meski demikian dirinya mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Cianjur belum memiliki aturannya.

"Untuk retribusi yang bisa diperoleh dari dengan adanya pekerja asing itu sangat besar. Bisa di bayangkan biaya perpanjangan ijin per orang berapa. Sayangnya kita belum memiliki perda yang mengatur itu," jelasnya. 

Sementar itu kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cianjur, mencatat ada sekitar 135 orang warga asing yang bekerja di kabupaten Cianjur. Mereka bekerja di sektor industri dan juga pendidikan. (F)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post