WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Kurangi Volume Sampah Dengan Adanya Bank Sampah

Pasundanradio.com - Bertambahnya jumlah penduduk berakibat juga bertambahnya sampah.  Guna meminimalisir penumpukan sampah rumah tangga diperlukan berbagai cara. Salah satunya dengan dibuatnya bank sampah. Cara ini dirasa membantu mengurangi menumpuknya sampah.

Bank sampah menampung berbagai macam yang di hasilkan dari rumah tangga. Dengan adanya bank sampah setidaknya dapat mengurangi dampak lingkungan baik dilihat dari sisi kebersihan maupun kesehatan.

Di Cianjur sendiri telah didirikan bank-bank sampah. Warga bisa mengumpulkan berbagai jenis sampah baik organik maupun unorganik. "Salah satunya berada di desa Hegarmanah Kecamatan Bojong Picung yang keanggotaannya sudah mencapai 280 rumah tangga. Namun demikian di Sindanglaka juga sudah cukup lama serta yang lainnya yaitu di desa Ciputri kecamatan Pacet," kata Yeyen Riyanda, selaku Kepala Dinas Kebersihan dan Pertaman (DKP) Kabupaten Cianjur.

Selain menjadi lingkungan menjadi bersih, dengan adanya bank sampah juga memiliki nilai ekonomi bagi warga. Mereka memilah mana yang bisa di olah sebagai pupuk maupun yang bisa didaur ulang. 

"Setiap warga bisa menyetorkan sampah untuk di pilah-pilah dan nantinya bisa menjadikan tabungan. Bahkan diantara mereka bisa mengumpulkan uang ratusan ribu rupiah, hanya dari sampah" tuturnya.

Dengan adanya upaya ini diharapkan akan banyak sampah yang bisa diolah untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. "Kita berharap akan banyak bank sampah didirikan warga sehingga dapat diolah yang tentunya akan mendapatkan hasilnya baik itu bersifat materi maupun non materi yaitu bersih lingkungan," ucapnya. (F)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post