WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Gatal-gatal, Warga Mande Tuntut Pertanggunjawaban Pabrik

Pasundanradio.com - Warga dari dua desa antara lain Desa Murni Sari dan Desa Bobojong, mendatangi pabrik sosis yang berada di Jalan Jonggol KM 8, Desa Murni Sari, Kecamatan Mande Senin (12/10). Mereka menuntut pabrik tersebut untuk memperbaiki IPAL, yang dianggap mencemari lingkungan.

Pabrik sosis yang beranam Bohan Food, dituduh telah melajukan pencemaran air dimana perusahaan itu membuang limbah ke sungai sehingga mengakibatkan kulit warga menjadi gatal-gatal.

"Warga tidak menuntut apa-apa terhadap pabrik. Yang penting pihak perusahaan tersebut bertanggungjawab atas terjadinya pencemaran yang mengakibatkan gatal-gatal pada kulit," ucap Rival, salah seorang perwakilan warga.

Dijelaskannya bahwa perusahaan tersebut telah berdiri sekitar satu tahun setengan lalu dan sudah berkali-kali melakukan pertemuan. Dari pertemuan sebelumnya pihak pabrik berjanji tidak akan melakukan pembuangan ke sungai dan akan memperbaiki sitem IPAL, namun itu tidak terbukti.

"Pihak pabrik berjanji tidak akan membuang limbah lagi namun nyatanya sampai sekarang masih saja membuang ke sungai. Perusahaan tidak merespon sedikitpun dan tidak ada itikad baik dari perusahaan untuk memperbaiki IPAL tersebut," jelasnya.

Dari beberapa kali pertemuan dan tidak direspon oleh pihak pabrik, lanjut Rival, pihaknya akan mengerahkan massa yang lebih banyak. "Apabila tuntutan warga tidak di gubris, kita akan mengerahkan massa lebih banyak lagi. Pihak warga dari beberap desa juga mensuport. Behitu juga pihak desa sekitar sungai akan membantu agar tidak lagi terjadi pembuangan limbah ke sungai yang mengakibatkan warga menderita," katanya. (F)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post