WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » KMPJ, Sorot Kinerja Panwaskab Dan Gakumdu

Pasundanradio.com - Konsorsium Menuju Pemilu Jurdil (KMPJ), soroti kinerja Panwas Kabupaten Cianjur. KMPJ meminta Panwas untuk bekerja sesuai undang-undang dan tidak memihak salah satu pasangan calon peserta pemilu.

"Panwaslu Kabupaten Cianjur harus membuktikan bahwa komisionernya tidak berafiliasi dengan salah satu paslon peserta Pilkada," kata Marcel, dari KMPJ.

Hal ini terkait dengan rilis dari Bawaslu pusat yang  mencatat bahwa Cianjur sebagai salah satu daerah dengan yang memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi dalam pemilu. 

"Ada beberapa hal kenapa Cianjur masuk dalam zona merah Bawaslu. internal penyelenggara dan pengawas sudah keluar dari garis integritas dan independensi," tambah Marcel.

Selain itu KMPJ, juga menyoroti kinerja Gakkumdu. KMPJ menilai tingginya intervensi kekuasaan, dan lemahnya penegakan hukum dalam hal ini Gakkumdu tidak dapat bekerja sebagaimana amanat UU Kepemiluan.

"Dari puluhan kasus pidana pileg yang masuk, tidak satupun yang berhasil diproses ke pengadilan," jelasnya

Sebelumnya KMPJ mencontohkan kasus pemindahan suara partai yang hingga saat ini tidak jelas kelanjutannya. 

"Contohnya yaitu caleg Wawan Setiawan, yang telah terbukti di pengadilan DKPP maupun Mahkamah Konstitusi, dalam kasus pemindahan suara partai, sampai saat ini belum tuntas. Bahkan dicalonkan untuk menggantikan Irvan Rivano yang merupakan anggota DPRD Provinsi, yang maju dalam pilbup 2015 nanti. Ini sangat tidak rasional," tegasnya. (F)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post