WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Waspadai Jajanan Buka Puasa

Pasundanradio.com - Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dan mewaspadai kandungan zat yang terdapat dalam makanan dan minuman jajanan. Seperti di ketahui pada bulan puasa banyak penjual makanan dadakan menjajakan berbagai macam makanan dan minuman untuk berbuka. Namun konsumen tidak mengetahui kandungan yang terdapat dalam makanan dan minuman tersebut.

Dikhawatirkan berbagai jenis makanan dan minuman tersebut menggunakan zat yang dilarang sehingga dapat membahayakan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

Wakil bupati Cianjur, Suranto menghimbau masyarakat untuk berhati-hati saat membeli makanan dan minuman buka puasa yang semakin bertambah.

"Makanan tajil yang mengandung bahan pengawet memang berbahaya apabila didalamnya mengandung zat pengawet seperti formalin sangat berbahaya," katanya.

Meski demikian, lanjut Suranto, Dinas terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan, tidak bisa melakukan pengecekan karena alatnya cukup mahal. Namun begitu hal yang bisa dilakukan yaitu mengirimkan sample ke balai pom provinsi.

"Kita harus mengecek ke lapangan namun kendalanya di kita tidak ada balai pom. Apakah makanan tersebut mengandung zat pengawet atau tidak yang menentukan adalah balai pom dan itu ada di Bandung. Paling kita mengirim samplenya saja," ucapnya.

Dijelaskannya berbagai jenis makanan dan minuman yang dijual memang rentan terhadap berbagai zat berbahaya. Laboratorium kesehatan daerah belum bisa memeriksa semua jenis makanan dan minuman yang dijual apalagi yang mengandung cairan.

"Memang rentan karena zat pengawet itukan murah-murah, seperti untuk textil. Tapi kalau dari tumbuh-tumbuhan itu aman. Dan itu perlu pengawasan," jelasnya.

Menurut ilmu kedokteran pengaruhnya zat pengawet berbahaya akan terasa dalam jangka panjang, bisa dalam waktu puluhan tahun. Zat tersebut mengalami pengendapan didalam tubuh dan bisa mengakibatkan antara lain leukimia, kanker dan yang lainnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post