WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Sari Kelapa Sangat Diminati di Bulan Puasa

Pasundanradio.com - Selama bulan Ramadhan permintaan nata de coco meningkat signifikan. Makanan ini banyak dicari sebagai menu berbuka puasa.

Salah seorang pengusaha nata de coco asal Kampung Kabandungan Kecamatan Karangtengah yaitu Dede (35), mengaku, setiap bulan Puasa hingga Lebaran permintaan nata de coco terus meningkat. Bahkan, kata Dede, peningkatan itu bisa mencapai hingga 200 persen dibanding hari-hari biasa. 

"Ya sekarang ini permintaan memang meningkat. Jika pada hari-hari normal permintaan hanya sekitar dua ton per hari, sejak puasa lalu mengalami kenaikan menjadi lima hingga enam ton per hari," kata Dede, belum lama ini.

Dirinya menyebutkan, tingginya permintaan dari konsumen tersebut menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha pembuatan nata de coco.

Selain permintaan yang meningkat, ucap Dede, berpengaruh juga kepada harga jual. Nata de coco yang mentah naik dari Rp1.800 per kilogram menjadi Rp2 ribu per kilogram. Untuk nata de coco olahan, juga mengalami kenaikan. Biasanya dijual Rp8 ribu per kilogram, kini menjadi Rp10 ribu per kilogram. 

Bulan Ramadhan menjadi berkah karena banyak permintaan. Saking banyaknya permintaan pihaknya terpaksa harus menolak sejumlah pesanan dari berbagai perusahaan nata de coco karena terbatasnya bahan baku dan juga tenaga produksi.

"Jumlah permintaannya terus naik, namun kita kesulitan bahan baku air kelapa yang didapatkan dengan membeli di sejumlah pasar di Cianjur," jelasnya.

Banyaknya permintaan membuat dirinya cukup kewalahan. Dede mengungkapkan, dalam seharinya ia harus mendapatkan 30-40 drum air kelapa untuk memenuhi kenaikan permintaan. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post