WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Kolang Kaling, Selalu Di Buru

Pasundanradio.com - Bisa dilihat di beberapa pasar tradisional, pasti saja ada beberapa orang penjual musiman yang menjajakan kolangkaling dalam wadah plastik besar, memanfaatkan moment bulan puasa. Setiap kali ramadhan buah putih yang sedikit kenyal ini selalu hadir.

Ucu (40), warga Simpang Cipanas salah satu penjual yang biasa mangkal di pasar Cipanas, menuturkan selama bulan puasa dirinya beralih jualan dari buah-buahan ke kolang kaling. Setiap tahun di bulan puasa dirinya lebih memilih berjualan kolangkaling karena tergiur keuntungan yang cukup besar.

Untuk mendapatkan kolang kaling dirinya mengaku sama sekali tidak sulit. Dirinya tidak harus mencari ke beberapa daerah karena banyak pemasok yang menawarkan. Kebanyakan kolang kaling yang ia dapatkan berasal dari daerah sekitar namun ada juga dari luar kota Cianjur.

"Kolangkaling biasanya dipasok dari Cikendi dan Tasikmalaya, tapi kalau kolang kaling di sini kebanyakan dipasok dari Jampang Sukabumi," katanya. 

Diungkapkannya dalam sehari dirinya menghabiskan paling sedikit 70 kg, namun kalau lagi rame bisa hampir 2 kwintal kolang kaling terjual.

"Harganya beda-beda ada yang Rp10ribu untuk kualitas biasa dan Rp15 ribu perkilo untuk kualitas sedang. Tapi kalau dekat ke lebaranmah seperti tanggal 25 puasa hargana bisa melambung sampai Rp18ribu, karena yang membeli bukan lagi untuk rujak tapi dijadikan manisan," jelasnya.

Buah berwarna putih dan kenyal ini sebenarnya tidak memiliki nutrisi yang istimewa. Meski demikian buah kolang kaling bukan berarti tidak memiliki manfaat. Selain bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan dan juga membantu memperlancar saat buang air besar, dan bagi yang sedang dalam program diet, kolang kaling merupakan makana yang tepat. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post