WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Ketiban Berkah Penjualan Kulit Bedug Meningkat

Pasundanradio.com  - Bulan Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi penjual kulit bedug. Seperti yang terlihat mulai dari kawasan simpang by pass menuju jalan raya (jalan HOS. Cokroaminoto, para penjual kulit bedug berderet. Calon pembeli bisa memilih kulit baik sapi maupun kerbau.

Salah satunya Ismail (42) warga kelurahan Rancabali ini sudah lebih dari 10 tahun menjual kulit bedug. Meski sehari-harinya ia menjual kulit, namun di bulan ramadhan selalu saja penjualannya meningkat.

"Lumayan lah bulan ramadhan bisa menjual 10 lembar tapi kalau sepinya paling 4 lembar per harinya. Selain itu saya juga terima pasang," kata Ismail ketika ditemui sedang melakukan pemasangan kulit bedug dikawasan Solokpandan.

Dirtambahkannya bahwa kulit yang ia jual terbilang murah. Selain itu juga bagi yang berminat harga yang ditawarkan masih bisa dikurangi.

"Ya kalau dari kulit sapi harganya Rp450 itu belum termasuk pemasangan. Tapi kalau dari kulit kerbau sedikit lebih mahal karena lebih tebal. Saya juga menjual yang sudah jadi harganya Rp1juta itu dari kulit kerbau, tapi itu juga masih bisa nego," tambahnya.

Ismail menjelaskan untuk lama pengerjaannya yaitu 2 hari karena kulit yang dibeli sebelum dipasang harus di rendam terlebih dahulu selama 1 hari agar elastis. 

Diakuinya saat ini kulit bedug mudah didapat dibandingkan tahun lalu. Dalam sehari dirinya bisa meraup untung bersih sebesar Rp350 ribu. 

Dirinya menuturkan pemesan tidak datang dari wilayah Cianjur saja namun dari kota lain. Umumnya si pemesan beralasan karena jauh lebih murah.

"Yang pesen ada juga dari Bandung, Karawang, Padalarang, Bogor, Jonggol, bahkan dari Ciamis. Mereka pada datang kesini katanya sih lebih murah. Kayak dari Bandung yang sudah jadi dihargai Rp1,7 juta tapi saya jual cuma Rp1juta," ucapnya.(FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post