WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Puluhan Pasangan Jalani Sidang Itsbat Nikah

Pasundanradio.com - Pasangan suami istri yang tidak mempunyai buku nikah karena perkawinannya tidak tercatat atau dicatatkan, tidak dapat memperoleh hak-haknya untuk mendapatkan dokumen pribadi yang dibutuhkan, termasuk anak-anak mereka tidak akan memperoleh akta kelahiran dari dinas catatan sipil.

Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu cara yaitu dengan mengajukan permohoan itsbat nikah. Penetapan itsbat nikah yang dikeluarkan oleh pengadilan agama itu untuk kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk mencatatkan perkawinan pada pegawai pencatat nikah kantor urusan agama dan selanjutnya kantor urusan agama akan menerbitkan buku nikah atau kutipan akta nikah.

“Itsbat nikah sangat bermanfaat untuk mengurus dan mendapatkan hak-haknya yang berupa surat-surat atau dokumen pribadi yang dibutuhkan dari instansi yang berwenang serta memberikan jaminan perlindungan kepastian hukum terhadap masing-masing pasangan suami istri." Demikian yang dikatakan oleh Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh, saat menghadiri acara Pelayanan Terpadu Pemberian Identitas Hukum, di aula Desa Cipendawa Pacet, Selasa (16/6/15). 

Kepastian hukum juga diartikan dengan jaminan bagi anggota masyarakat, bahwa semuanya akan diperlakukan oleh negara berdasarkan peraturan hukum, dan tidak dengan sewenang-wenang.

Sementara itu panitia Acara Pelayanan Terpadu Pemberian Identitas Hukum Yayat Rohayati melaporkan tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memangkas biaya, mendekatkan layanan pada masyarakt yang membutuhkan dan menyederhanakan proses pembuatan identitas hukum. 

Adapun peserta sidang pelayanan terpadu terdiri dari 50 pasang pemohon itsbat nikah oleh pengadilan Agama Cianjur, 50 pasang pemohon pencatatan nikah oleh KUA Kecamatan Pacet dan 47 anak pemohon akta kelahiran oleh Dinas Pencatan Sipil. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post