WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Pasar Ciranjang Dan Terminal Akan Dibangun Bersebelahan

Pasundanradio.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur, Himam Haris, mengatakan bahwa kawasan pasar Ciranjang akan ditata kembali. Selain itu juga nantinya akan ada perubahan baik lokasi pasar maupun terminal.

"Kita mendapat arahan dari Distarkim bahwa lokasi yang sekarang itu akan di tata kembali. Karena di lokasi tersebut akan ada pengembangan kota yaitu terminal dan juga yang lainnya. 
Jadi akan ada penataan baik lokasi terminal maupun pasar. Detil tata ruang di Ciranjang sudah ada dan menurut Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) itu harus ada perubahan," kata Himam, Selasa (9/6/15).

Himam menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Distarkim dan Pemkab Cianjur sudah menyiapkan anggaran. Meski demikian, lanjut Himam pembangunannya belum bisa dilaksanakan karena menurut Distarkim itu menyalahi tata ruang.

"Kita (Disperindag, red) tinggal mengikuti saja, terminal kumaha, pasar kumaha. Bukan pasar heula engke terminal kumaha, karena menurut tata ruang pasar yang sekarang harus berubah fungsi," ucapnya.

Di sisi lain untuk kios di Pasar Pasir Hayam yang telah dilakukan penomoran berjumlah lebih dari 1.300. Jumlah tersebut masih dirasa kurang dan harus ada penambahan bangunan. Disperindag menargetkan sebanyak 1700an.

"Selain itu juga lapak masih perlu dibangun yaitu sebanyak 400 hingga 500 an lagi," jelasnya.

Meski masih ada bangunan yang harus didirikan baik kios maupun los, lanjut Himam, bahwa bangunan yang ada juga harus diperbaiki agar bisa dipergunakan tahun ini.

"Ada yang masih harus diperbaik yaitu bangunan bagian depan. Pak Bupati menginginkan pemakaiannya jangan nyebrang ke 2016, inginnya sih 2015 akhir. Dan kalau pembangunannya lancar mungkin Nopember juga sudah pindah," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Cianjur, Yoni Raleda, mengatakan bahwa pihaknya akan membangun pasar dengan terminal bersebelahan.

"Agar lebih optimal nantinya akan dibangun esisting. Untuk tata ruang yang akan kita perdakan itu untuk kondisi esisting tidak kita tempatkan sebagai pasar tradisional tapi kita arahkan ke lokasi yang baru sesuai dengan rencana tata ruang yang akan kita satukan dengan terminal yang belum pernah ada di Ciranjang yaitu berada diposisi jalan lingkar kota yang akan kita buat secara bertahap mulai dari tahun sekarang," ucapnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post