WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Banyak Armada Ambulan Tidak Memenuhi Standar

Pasundanradio.com - Kepala Teknik RSUD Cianjur, Edi Sutanto mengatakan, banyaknya armada mobil ambulans yang dimiliki oleh pemerintahan desa, partai politik dan perusahaan harus memenuhi standarisasi kegawat daruratan.

Edi menjelaskan, mobil ambulans yang memenuhi standar transportasi diantaranya dilengkapi oleh alat ventilator portable, incubator portable, suction portable, oksigen portable.

"Ada standarisasi yang harus di lengkapi oleh armada ambulan selain alat medis juga harus mempunyai tenaga medis dan paramedic yang handal sudah mempunyai sertifikat," kata Edi, belum lama ini.

Dijelaskannya, kini banyak armada ambulans tak memenuhi standarisasi dan juga tidak mempunyai tenaga medis dan paramedic yang terlatih. Sejumlah pemerintah desa, partai politik dan perusahaan memiliki ambulan hanya untuk merujuk pasien ke rumah sakit.

"Ambulan yang dimiliki oleh beberapa desa, partai politik dan perusahaan hanya untuk membawa pasien dari rumah ke rumah sakit," jelasnya.

Sementara itu, Soni, staf forensi IPJKF RSUD Cianjur, mendesak manajemen RSUD Cianjur untuk meningkatkan dan menambah jumlah armada mobil ambulans. Karena keberadaan mobil tersebut sangat dibutuhkan warga dalam merujuk atau membawa jenazah.

"Dengan adanya dana kapitasi seharusnya terjadi peningkatan mutu pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan warga. Sehingga, pelayanan kesehatan bisa lebih maksimal, ucap Soni. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post