WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Ganggu Kesehatan, Warga Haurwangi Adukan PT. QL Agrofood

Pasundanradio.com - Sejumlah warga Haurwangi mendatangi kantor kejaksaan negeri Cianjur, di jalan Ir. H. Juanda (bypass) Cianjur, Senin (4/5/15). Kedatangan mereka yaitu untuk mengadukan masalah dengan PT. QL Agrofood dimana perusahaan tersebut telah menyalahi perijina.

Massa yang datang menggunakan kendaraan roda empat, mengadukan perusahaan PT. QL Agrofood, yang mengalihkan fungsi perijinan. "Kami akan melaporkan tentang peternakan QL Agrofood yang dulunya meminta ijin kepada masyarakat hanya sebagai penetasan tapi sekarang berubah menjadi peternakan." Demikian yang dikatakan oleh Jujun selaku koordinator aksi dan juga ketua ormas Islam Pagar Aqidah Kabupatem Cianjur, Senin (4/5/15).

Masyarakat dibohongi oleh perusahaan tersebut yang mengakibatkan warga sekitar menjadi korban dari perubahan fungsi perusahaan juga menimbulkan pencemaran lingkungan. "Akibat dari peternakan QL Agrofood tersebut sudah sangat nyata kepada masyarakat. Antara lain yaitu banyak warga yang sakit dan yang paling berbahaya yaitu pembuangan limbah yang langsung ke sungai Citarum sehingga menimbulkan pencemaran dan juga tanpa pengolahan terlebih dahulu," ucapnya

Warga menuturkan bahwa, tidak adanya kepedulian pihak perusahaan terhadap warga sekitar, terbukti dengan warga yang meminta kepada perusahaan untuk menerjunkan dokter guna memeriksa kesehatan masyarakat yang kena dampak peternakan namun tidak dipenuhi. "Yang mereka bawa yaitu dari pihak puskesmas dan itupun bukan tindakan medis melainkan hanya penyuluhan bahkan justru pihak perusahaan mendatangkan polisi," jelasnya

Warga Haurwangi telah menjadi korban dari perusahaan yang pada awalnya hanya penetasan dan kemudian berubah menjadi peternakan tanpa ijin dari masyarakat. "Sampai saat ini yang menjadi korban dari dampak perusahaan peternakan yang kebanyakan anak-anak tercatat lebih dari 38 orang. Malahan sekarang ada yang akan dirawat di salah satu rumah sakit di Cianjur, mengalami demam," tambahnya.

Massa mengancam, apabila pihak perusahaan masih tidak peduli dengan kesehatan warga yang menjadi korban dampak lingkungan mereka akan melakukan demo besar-besaran . "Kami bersama seluruh warga sekitar akan melakukan demo besar-besaran apabila tidak ada kepedulian dari pihak perusahaan," tegasnya.

Setelah melaporkan ke pihak kejaksaan, warga melanjutkan aksi ke gedung wakil rakyat. "Kami sudah sepakat dengan komisi 1 dan 4 tentang perijinan yang kami pertanyakan begitu juga tentang amdalnya." katanya.

Setelah aksi di Kejaksaan Negeri Cianjur, para pendemo melanjutkan dengan mendatangi gedung DPRD Kabupaten Cianjur guna mengadukan pihak perusahaan PT. QL Agrogood. Diterima oleh anggota komisi IV selanjutnya dilakukan Audiensi. Menurut Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur, Tika Latifa, mengatakan pihaknya akan mengkaji dan dipelajari dulu untuk kasus tersebut. "Bukti yang diberikan dari warga berupa video rekaman kegiatan PT QL Agrofood akan kami dipelajari dulu," tuturnya.

Selain itu Tika menjelaskan, menurutnya untuk penanganan masalah banyak warga yang sakit harus diperiksa terlebih secara detail oleh pihak medis dan pihajnya akan memanggil pihak terkait. "Langkah cepat dari Dewan dimana Komisi I dan IV akan memanggil pihak Badan perijinan, Dinas Kesehatan dan Pihak perusahaan untuk menanggapi masalah tersebut. Kepada warga jangan khawatir karena kami disini sudah mendegar apa yang menjadi keluhan dan permasalahan," tandasnya.(FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post