WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Bangunan Di Sekitar Jalur Rel Ditertibkan

Pasundanradio.com - Ratusan bangunan rumah yang berada di sepanjang rel kereta Cianjur-Bandung dibongkar. Ini dilakukan seiring rencana pengoperasian kembali (KA) Kiansantang yang akan melayani jurusan Cianjur-Bandung, yang sempat terhenti karena kerusakan rel. Penertiban ini merupakan tahap ke empat yang sebelumnya dilakukan pada akhir 2014 lalu di KM 96.

Pihak PT. KAI mengatakan, penertiban yang dilakukannya sesuai dengan amanat Undang Undang 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian, yangmana sejauh 12 meter kanan kiri rel diharuskan rel steril dari bangunan atau pepohonan besar yang akan mengganggu jarak pandang masinis. "Penertiban di Cianjur memang menjadi bagian dari rencana dibukanya kembali jalur Cianjur-Bandung yang sempat terhenti. Sekarang kami mengerjakan dari Stasiun Cianjur, Pasar Bojong Meron, hingga ke Jalan Arief Rahman Hakim." Demikian yang dikatakan oleh Kepala Humas PT. KAI Da Ops II Bandung, Zunerfin, belum lama ini.

Hingga tahap keempat, diakui Zunerfin tidak ada konflik yang berarti dengan masyarakat. Dua minggu sebelum penertiban, pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada masyarakat agar segera mengosongkan rumahnya. "Ini kan amanat UU bukan keinginan kami sepihak. Tapi sampai saat ini masyarakat sadar kalau bangunan yang mereka pakai bukan di atas tanah miliknya," jelasnya.

Meski belum bisa memastikan kapan KA Kiansantang ini akan berfungsi kembali, namun diakuinya sejumlah persiapan sudah dilakukan, seperti perbaikan di Jembatan Cisokan-Ciranjang.
"Aktifnya kapan kami serahkan ke pemerintah. Tapi semoga tahun ini sudah bisa berjalan," ucapnya.

Pihaknya juga optimis okupansi rute Cianjur-Bandung, mampu mencapai angka 70 persen. Ini dikarenakan peminat untuk bepergian menggunakan KA cukup banyak. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post