WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Sumitra : Apabila Ada Pungli Pada Rekrutment Pencari Kerja, Laporkan

Pasundanradio.com - Bertambahnya jumlah lapangan kerja tentu merupakan hal yang baik dimana para pencari kerja akan dapat terserap diberbagai perusahaan. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) mengimbau warga, khususnya para pencari kerja untuk tidak segan melaporkan segala bentuk pungutan liar (Pungli) dalam proses rekrutmen karyawan kepada pihak kepolisian.

Dinsosnakertran secara rutin melakukan sosialisasi kepada warga untuk tidak mudah tertipu dengan ulah para oknum yang menjanjikan dapat memberikan pekerjaan dengan syarat memberikan uang pelicin. "Jika memang ada warga yang merasa dirugikan dengan ulah para oknum calo pencari kerja jangan segan untuk laporkan mereka ke pihak kepolisian." Demikian yang dikatakan oleh Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, Sumitra, Jum'at (10/4/15).

Dirinya menjelaskan, untuk hal itu sudah masuk dalam ranah tindak pidana, baik penipuan maupun pemerasan. Meski demikian, Sumitra mengakui, pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan sejumlah oknum itu cukup sulit. Pasalnya, tidak semua warga atau pencari kerja mau melaporkan kejadian tersebut. 

Dijelaskannya selain menghimbau untuk berhati-hati juga untuk menghindari hal tersebut kini para pencari kerja bisa melihat iklan lowongn kerja dengan melalui internet. "Para pencari kerja bisa mencari sejumlah lowongan pekerjaan tanpa harus datang langsung ke kantor. Selama ada jaringan internet, para pencari kerja bisa browsing lowongan pekerjaan yang mereka harapkan," jelas Sumitra. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post