WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Ratusan Buruh Datangi Dinsosnakertrans Cianjur

Pasundanradio.comRatusan buruh PT Icon Garmenindo di Desa Selajambe, Kecamatan Sukaluyu, mendatangi kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Kamis (9/4/15). Mereka mengadukan nasibnya terkait dengan belum dibayarkannya gaji mereka selama tiga bulan.


Ratusan pekerja tersebut berorasi di depan kantor Dinsosnakertrans menuntut ketegasan. Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Cianjur Asep Saiful Malik mengatakan, manajemen PT Icon Garmenindo dinilai telah melanggar Undang-Undang tentang ketenagakerjaan dengan tidak membayarkan upah para buruh sesuai UMK Cianjur sebesar Rp1.650.000.


Selain itu, kata Asep, perusahaan garmen itu juga tidak memenuhi kewajiban dengan membayarkan uang lembur para buruh. "Ini sudah masuk pidana, karena melanggar UU ketenagakerjaan. Perusahaan juga melanggar dengan tak membayarkan uang lembur para buruh," kata Asep, kepada wartawan, Kamis (9/4).

Asep menyebutkan, pihak perusahaan itu telah melakukan kerja paksa terhadap para buruh selama satu tahun. "Mereka sudah satu tahun terakhir ini melakukan pelanggaran dengan tidak membayar upah sesuai UMK dan tak membayarkan uang lembur," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Cianjur, Sumitra, menjelaskan, pihaknya telah berupaya dengan melayangkan surat kepada manajemen PT Icon Garmenindo untuk membayarkan upah sesuai UMK serta membayar upah lembur para buruh.

"Kita akui pihak manajemen selalu mengelak dengan alasan terjadinya pergantian manajeman setiap kali kita layangkan surat. Jika memang masih membandel kita akan lakukan tindakan tegas," jelas Sumitra. (FI/ferrycia)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post