WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Masyarakat Boleh Tanam Berbagai Tanaman Agar Hutan Tetap Lestari

Pasundanradio.com - Sekitar 24 juta hektar lahan kritis di Indonesia harus segera dikembalikan menjadi prima. Sementara itu konversi lahan prima menjadi lahan kritis setiap tahunnya mencapai 100ribu hektar. Salah satu cara yaitu lahan harus segera ditanami sehingga bisa kembali menjadi lahan prima. 

Kualitas air akan menjadi baik apabila lahan bisa dikembalikan menjadi prima. "Dengan mengembalikan lahan menjadi prima salah satu manfaatnya yaitu dapat mewujudkan kualitas dan kuantitas air dengan baik. Selain itu juga tanah bisa mengikat air makin baik. Kalau itu tercapat maka produktifitas akan naik tanpa NPK." Demikian yang dikatakan oleh Dirjen Bina Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial, DR. Hilman Nugroho, saat menghadiri acara Ngaruat Bumi, memperingati hari bumi dunia dan juga HUT ke 16 KBR, di Taman Nasional Sarongge, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet Cianjur, Rabu (29/4/15).

Ditambahkan juga bahwa untuk menjadikan lahan prima tidaklah mudah, semua membutuhkan waktu yang lama. "Puluhan juta hektar lahan kritis harus segera dikembalikan menjadi prima. Sedangkan untuk mengembalikan menjadi lahan prima itu membutuhkan waktu puluhan sampai ratusan tahun," tambahnya.

Selain itu tanah harus dikembalikan menjadi prima guna mewujudkan kualitas air dimana hutan yang baik yaitu yang bisa menyehatkan makhluk yang ada didalamnya. "Tanah tersebut bisa mengikat air semakin baik dan apabila itu terjadi maka produktifitas akan naik dan apabila ditanami hasilnya pun akan naik pula," jelasnya.

Sarongge merupakan kawasan nasional, dan fungsi kawasan nasional untuk konservasi namun diperbolehkan untuk dimanfaatkan masyarakat sekitar. "Masyarakat sekitar boleh menanam berbagai tanaman diharapkan nantinya hutan tetap lestarai serta rakyat sejahtera," ucapnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post