WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Empat Ton Lebih Pupuk Ilegal Disita

Pasundanradio.com - Sebanyak 4.5 ton pupuk ilegal disita polres Cianjur. Peredaran pupuk ilegal ini terdiri dari berbagai macam yang dikemas kembali oleh pengedar. Diduga pupuk ilegal ini di sudah sejak lama beredar di kabupaten Cianjur.

Sebanyak satu truk berisi pupuk ilegal berbagai merek diedarkan oleh seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. "Kita sita sebanyak 4.5 ton pupuk ilegal, terdiri dari 5 jenis setiap karungnya seberat 50 kg." Demikian yang dikatakan oleh Kapolres Cianjur, Akbp. Dedy Kusuma Bakti, beberapa hari lalu

Dirinya menambahkan, pihaknya sedang mencari sumber darimana pupuk ini berasal. Dalam penangan pupuk ilegal ini lanjut Kapolres, pihaknya bersama dengan Polda Jabar, melakukan koordinasi dimana TKP nya berada tidak hanya di Cianjur saja namun di beberapa wilayah di Jawa Barat. "Kita bekerjasama dengan Polda Jawa Barat dimana TKP nya juga ada dari daerah lain," tambahnya.

Dedy menjelaskan, disinyalir Cianjur merupakan sebagai tempat menerima dan mengedarkan pupuk ilegal yang dicampur dengan jenis lain. "Pupuk ini di produksi secara ilegal dengan dikemas dan diberika label merek tertentu oleh pelaku," jelasnya.

Hal ini merujuk dari Undang-Undang Nomor 12 tahun 1992 tentang sistem budaya tanaman bahwa hal itu dilarang. Karena pada prinsipnya pupuk itu harus terjamin mutunya dan juga memiliki efektivitas serta harus memiliki label. Meski demikian pihak polres belum melakukan penahanan. "Ini dikarenakan bahwa kasusunya sedang ditangani oleh Polda Jabar," ucapnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post