WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Akhir April Diharapkan Dana Desa Cair

Pasundanradio.com - Pemerintah Kabupaten Cianjur sedang menunggu realisasi dana desa dari pemerintah pusat setelah melalui revisi Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa. Pemkab Cianjur akan menerima alokasi dana desa sekitar Rp 106 miliar untuk satu tahun.

Dibandingkat dengan tahun yaitu sebesar Rp 71,4 miliar, jumlah tersebut naik sekitar 30 persen. Setiap tahunnya setiap desa nantinya akan menerima antara Rp 250 hingga Rp 350 juta. "Rata-rata setiap desa akan menerima Rp 300 juta. Itu sesuai dengan aturan alokasinya untuk pembangunan desa dan pembedayaan." Demikian yang dikatakan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib, beberapa waktu lalu.

Budi menjelaskan bahwa, realisasi dana desa dari pemerintah pusat di Kabupaten Cianjur diupayakan cair akhir April 2015 nanti dan pencairan direncanakan akan dilakukan dalam tiga termin. "Termin pertama direncanakan April 2015 sebesar 20 persen dari kucuran dana per desa, termin kedua 40 persen pada Agustus 2015 dan termin ketiga 40 persen pada November 2015. Dana desa ini, lanjutnya akan masuk melalui APBD dan dikeluarkan melalui rekening giro tiap desa," jelasnya.

Pihaknya berharap pencairannya berbarengan dengan Alokasi Dana Desa yang diambil dari APBD Cianjur sebesar Rp 100 miliar per tahun. " Tapi kami lihat bagaimana kondisi likuiditas dana di RKUD (Rekening Kas Umum Daerah) nanti," ucapnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post