WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Sering Berubahnya Harga Sayuran, Disinyalir Ada Permainan

Pasundanradio.com - Para pedagang sayuran di pasar induk Cianjur (PIC) merasa bingung dengan harga beberapa sayuran. Sudah beberapa minggu ini mereka dipusingkan dengan seringnya harga yang cepat berubah. Dua diantaranya yaitu jenis sayuran yang masuk dalam kategori bumbu.

Kenaikan terjadi antara lain yaitu cabe tanjung dan juga bawang merah. Ampir tiap hari harga komoditi tersebut mengalami kenaikan. "Cabe tanjung mengalami kenaikan sebesar Rp5000 rupiah perkilo. Tapi yang paling memusingkan yaitu harga bawang merah. Tadi pagi saya beli ternyata sore harganya sudah berubah lagi, teu puguhlah hargina oge ayeunamah tina sadinten tiasa robih-robih." Demikian yang dikatakan oleh Padil, salah seorang penjual sayuran di pasar induk Cianjur, ketika ditemui di pasar induk, Rabu (11/3/15) siang.

Mereka tidak mengetahui secara pasti apa yang mengakibatkan harga jenis bumbu tersebut berubah-ubah. Namun mereka memperkirakan ada bandar yang sengaja mempermainkan harga. "Kurang tahu ya tapi biasanya ada yang sengaja, mungkin permainan bandar aya nu maenkeun harga yeu mah," ucapnya.

Kondisi tersebut tentunya berpengaruh pada pendapatan setiap harinya. Biasanya habis dalam sehari namun dengan seringnya mengalami perubahan, pembeli jadi berkurang."Nya kumaha da pembeli mah hoyongna harga teh tetep," katanya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post