WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Potensi Ikan Koi Unggul Dari Cianjur

Pasundanradio.com - Sungguh beruntung Kabupaten Cianjur memiliki berbagai macam potensi unggul. Baik itu tanaman (beras dan juga berbagai macam bunga) ternak (ayam, domba, sapi dll) juga tidak kalah yaitu di sektor perikanan. Potensi perikanan memang cenderung pada ikan laut. Namun demikian ikan hias dari Cianjur memiliki potensi yang sangat unggul.

Potensi perikanan begitu menjanjikan dalam hal ini budidaya ikan hias koi. "Untuk pemasarannya cukup banyak, baik lain lokal hingga keluar Pulau Jawa." Demikian yang dikatakan oleh Kepala Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali, Jum'at (27/3/15).

Djoni menambahkan, meski kebanyakan warga Cianjur menekuni budidaya perikanan darat antara lain, ikan mujair, nila, gurame dan lele, namun sebenarnya ikan hias koi memiliki potensi ekonomi yang besar. "Untuk ikan hias Koi hasil budidaya petani Cianjur merupakan ikan Koi dengan kualitas super yang banyak di cari para kolektor ikan Koi," ucapnya.

Adapun yang menjadi sentra ikan hias di Kabupaten Cianjur, diantaranya Kecamatan Cipanas, Pacet dan Cugenang. Hal ini dikarenakan kondisi air di wilayah tersebut sangat cocok untuk pembudidayaan ikan hias. Bahkan, kata Djoni, kualitas Koi Cianjur lebih baik dibandingkan dengan Koi yang berasal dari Blitar, Jawa Timur. "Jika Koi dari Blitar kalau sudah besar warnanya akan pudar, sementara Koi kita (Cianjur, red) warna justru akan lebih muncul," jelasnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post