WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » BPBD Cianjur Buka Posko Siaga Bencana Banjir dan Tanah Longsor

Pasundanradio.com - Untuk mempercepat penanganan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur membuka posko siaga Bencana Banjir dan Tanah Longsor. Posko tersebut di buka selama 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang kerap terjadi di semua wilayah Kabupaten Cianjur. 

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, pihaknya meminta warga untuk bersiaga dan mewaspadai terjadinya bencana. "Tidak hanya di Desa Karyamukti saja, tetapi wilayah yang beresiko bencana alam kita lakukan pengawasan dan pemantauan." Demikian yang dikatakan Asep, Selasa (31/3/15).

Asep menambahkan pihaknya juga terus melakukan pengawasan dan pemantauan di sejumlah wilayah yang dinilai resiko bencana, baik banjir bandang atau tanah longsor. Adapun jumlah rumah yang terkena banjir dan longsor di Desa Karyamukti ada sekitar 68 unit rumah yang dihuni sekitar 223 jiwa. "Dari hasil pendataan yang kita lakukan ada 68 rumah, namun kondisinya hanya rusak ringan saja, serta dua bangunan mesjid dan dua hektar sawah yang terendam akibat banjir bandang," ucapnya.

Dikatakan juga bahwa, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pembersihan material longsoran tanah yang sempat memutus jalan menuju Cianjur selatan tersebut dengan menggunakan peralatan berat. "Longsoran tanah terjadi di delapan titik, dan kita terus melakukan pembersihan material longsoran. Namun, kini kondisinya sudah dapat dilalui oleh mobil," jelas Asep.

BPBD mengimbau khususnya kepada warga di beberapa kampung di Desa Karyamukti, agar selalu bersiaga. Peringatan tersebut dikeluarkan guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor yang mungkin saja akan terjadi sewaktu-waktu. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post