WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Banyak Ruas Jalan Yang Perlu Penerangan

Pasundanradio.com - Keberadaan PJU sangat penting, yaitu untuk memberikan penerangan kepada warga dan pengendara terutama pada malam hari. Kurangnya fasilitas penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur diakui oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Cianjur. 

Ruas jalan yang minim PJU tersebar di seluruh wilayah Cianjur, tak terkecuali ruas jalan dengan status jalan provinsi masih minim sarana penerangan jalan. "Kita masih fokuskan untuk di ruas jalan protokol dengan status jalan kabupaten." Demikian yang dikatakan oleh Kepala Dishukominfo Kabupaten Cianjur, Aban Sobandi, beberapa hari lalu.

Aban mengakui bahwa beberapa faktor dari kurangnya penerangan dapat memicu hal yang tidak diinginkan. "Jumlahnya memang masih kurang. Karena selain untuk fungsi penerangan, juga untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kondisi jalan gelap serta mengantisipasi tindak kejahatan di jalan raya," tuturnya.

Pihaknya masih bingung terkait dengan penambahan sarana PJU karena beberapa ruas jalan berstatus provinsi. "Meski berada di wilayah Kabupaten Cianjur tapi seperti ruas Jalan Raya Bandung-Cianjur merupakan kewenangan provinsi untuk pengadaan PJU," tambahnya.

Dirinya menjelaskan bahwa pihaknya hanya berwenang untuk pengadaan sarana PJU di wilayah Kabupaten dan melakukan pemeliharaan untuk jalan provinsi, dan tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengadaan sarana PJU di ruas jalan dengan status jalan provinsi atau negara. "Jika kita ikut menyediakan sarana, dikhawatirkan akan terjadi tumpang tindih pekerjaan antara pemprov dan pemkab dan ini bisa menjadi temuan dalam pemeriksaan keuangan oleh tim audit," jelasnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post