WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Cisel Jadi Kabupaten Mandiri

Pasundanradio.com - Pemisahana Cianjur Selatan (Cisel) menjadi kabupaten mandiri sebentar lagi akan terwujud. Tidak lama lagi Cianjur Selatan yang potensial dengan hasil alammya akan terpisah dengan kota kabupaten. Pemkab Cianjur pun mendukung penuh lepasnya Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri. Namun begitu masih banyak hal yang harus dipersiapkan.

Sampai saat ini DPRD Kabupaten Cianjur masih menunggu laporan dari Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cianjur terkait proses pemekaran wilayah tersebut. "Proses pemekarannya wilayah Cianjur Selatan ini tinggal satu langkah lagi, kita masih menunggu ekspose dari Bappeda terkait hasil kajian ini." Demikian yang dikatakan oleh Usep Setiawan, selaku Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur, beberapa hari lalu.

Sementara itu, Tonton yang merupakan Kordinator Pemekaran Kabupaten Cianjur Selatan, menjelaskan, pihaknya telah menyelesaikan seluruh persyaratan untuk terbentuknya kabupaten mandiri di wilayah selatan itu. "Kabupaten mandiri ini akan segera terwujud. Namun, berdasarkan Undang-undang harus dibentuk dahulu daerah pemekaran percobaan," ucanya.

Namun begitu tidak dipungkiri bahwa dalam proses menjadi daerah mandiri nanti, Cianjur selatan membutuhkan waktu. "Aparatur yang akan menjalankan pemerintahan di wilayah tersebut masih berasal dari kabupaten induk untuk melaksanakan penataan dan pemetaan wilayah," jelasnya.

Proses pemekaran Cianjur selatan menjadi daerah otonomi baru (DOB) sudah memenuhi segala persyaratan. Wacana pemekaran Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri sudah mengemuka sejak 1987. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post