WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Jumlah Jamaah Haji Akan Dikurangi "Lagi"

Pasundanradio.com - Calon jamaah haji asal Jawa Barat yang berniat pergi ke tanah suci, mungkin harus lebih sabar lagi. Pasalnya kuota keberangkatan jamaah haji untuk Kabupaten Cianjur pada tahun 2015 ini diperkirakan kembali akan berkurang. Hal tersebut terjadi karena adanya rencana perubahan penghitungan kuota haji kabupaten/kota, berdasarkan jumlah daftar tunggu calon jemaah haji yang menyeragamkan jadwal tunggu di tiap kabupaten/kota Jawa Barat menjadi 12,1 tahun.

Kuota calon jamaah haji Kabupaten Cianjur tiap tahunnya mencapai 1.100 orang. "Dengan adanya kebijakan ini, kemungkinan kuota untuk Cianjur akan berkurang sekitar 300-an jamaah. Kuotanya yaitu menjadi 800-an saja." Demikian yang dikatakan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Cianjur Abdul Rauf, Kamis (29/1/15).

Meski kabar tentang kebijakan baru tersebut akan membuat masa tunggu akan lebih lama, namun tidak menyurutkan masyarakat yang berniat pergi ber haji untuk tetap mendaftar. Setiap harinya jumlah calon jamaah haji yang mendaftar melalui kantor kementerian agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur selalu saja ada, yaitu berjumlah sekitar 15 hingga 20 orang.

Meski diakui cukup sulit, namun pihaknya terus memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pemerataan daftar tunggu. "Ya , misalnya pada waktu sebelumnya, jadwal mereka berangkat dua tahun lagi, tapi dengan adanya kebijakan baru ini akan ada perubahan menjadi mundur. Tapi kami sebagai pelayan masyarakat terus memberikan pemahaman kepada mereka dan tetap mensosialisasikan hal ini," jelas Rauf.

Kendati demikian pihaknya akan tetap mempertahankan kuota seperti tahun sebelumnya. Pihaknya juga menyerhakan sepenuhnya pada regulasi. "Kita juga mengerti wacana ini muncul karena mempertimbangkan asas keadilan dan kalau sudah final kita juga akan mengikutinya, tapi kalau bisa kuotanya tetap," harapnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post