WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Bank Sampah Rubah Kebiasaan Masyarakat

Pasundanradio.com - Masalah sampah bukanlah permasalahan yang bisa dibiarkan begitu saja. Diperlukan tindakan nyata dan kerjasama oleh setiap lapisan masyarakat. Untuk itulah penanganan masalah sampah harus dimulai dari sumbernya. Salah satu solusinya adalah demgan adanya bank sampah. Bank sampah adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya.

Dengan adanya bank sampah, pengelolaan sampah bisa menjadi lebih positif dan bahkan menguntungkan, sehingga menjadi sumber penghasilan tambahan. "Kegiatan positif pengelola bank sampah ini sangat membantu masyarakat, antara lain masyarakat akan terbiasa mengelola sampah yang setiap hari. Juga bisa menjadi simpanan berupa tabungan yang dikelola oleh pengelola bank sampah untuk kebutuhan." Demikian yang dikatakan oleh wakil Bupati Cianjur, Suranto, Kamis (22/1/15).

Dengan menyetorkan sampah, baik itu organik maupun sampah non organik kepada pengelola bank sampah akan memberikan manfaat bagi masyarakat. "Adanya Bank Sampah ini diharapkan kebiasaan buruk sebagian masyarakat Cianjur yang suka membuang sampah sembarangan dapat di minimalisir," harapnya.

Sementara itu Indra Malik selaku ketua pengelola bank sampah mengatakan, upaya ini didasari atas kedulian terhadap lingkungan. "Kami berpikir keras untuk memecahkan masalah sampah di desa kami. Hal ini perlu di pikirkan bersama  sama untuk merubah sedikit-demi sedikit kebiasaan buruk masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan," ucapnya.

Melalui program bank sampah ini diharapkan kebiasaan buruk warga dalam membuang sampah itu bisa dihilangkan walupun membutuhkan usaha dan kerja yang terus menerus. (FI/ferrycia)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post